Rutan Wates Apel Siaga Natal tingkatkan kewaspadaan keamanan

id Rutan Kelas IIB Wates ,Kulon Progo

Rutan Wates Apel Siaga Natal tingkatkan kewaspadaan keamanan

Petugas Rutan Kelas IIB Wates memeriksa kamar warga binaan antisipasi peredaran narkoba. (ANTARA/HO-Dokumen Rutan Kelas IIB Wates)

Kulon Progo (ANTARA) -
Petugas Rutan Kelas IIB Wates memeriksa kamar warga binaan antisipasi peredaran narkoba. (ANTARA/HO-Dokumen Rutan Kelas IIB Wates)
Rumah Tahanan Kelas IIB Wates di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan Apel Siaga Natal dan Tahun Baru 2024 untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di dalam rutan.

Kepala Rutan Kelas IIB Wates Erik Murdiyanto di Kulon Progo, Jumat, mengatakan apel siaga diikuti petugas Rutan Wates, Tim Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY serta puluhan personel TNI/Polri dari Kodim dan Polres Kulon Progo.

"Kami mengimbau kepada petugas meningkatkan keamanan dan kewaspadaan selama perayaan natal dan tahun baru terlebih berdekatan dengan tahun politik," kata Erik.

Ia berharap petugas Rutan Kelas IIB Wates selalu berkoordinasi dengan TNI/Polri serta Aparat Penegak Hukum (APH) terkait.

Apel ini tidak hanya sebatas untuk menggugurkan kewajiban, tapi harus ditindaklanjuti dengan melakukan deteksi dini dalam pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban.

"Tetap siaga dan selalu berkoordinasi dengan APH terkait. Berikan laporan berjenjang secepat mungkin jika terjadi gangguan keamanan agar bisa segera diatasi bersama,” katanya.

Kegiatan apel dilanjutkan dengan melaksanakan Operasi Penggeledahan Kamar (OPK) ke seluruh kamar hunian yang ada di Rutan Kelas IIB Wates yang saat ini dihuni oleh 105 warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Dalam penggeledahan tersebut tidak ditemukan narkoba ataupun telepon genggam yang menjadi sasaran utama penggeledahan.

"Kegiatan penggeledahan ini sebagai upaya nyata deteksi dini dan dilaksanakan serentak di seluruh UPT yang ada di jajaran Kanwil Kemenkumham DIY," katanya.

Selain itu, jajaran Rutan Wates selalu melakukan penggeledahan baik secara rutin atau insidental. Namun demikian, tidak ditemukan indikasi penggunaan telepon genggam serta peralatan dan peredaran narkoba.

"Adapun barang temuan seperti korek api akan didata untuk selanjutnya dimusnahkan," katanya.

Erik mengucapkan terima kasih kepada Kodim dan Polres Kulon Progo yang sampai detik ini selalu membantu serta menjalin sinergitas dengan Rutan Wates.

"Semoga sinergisitas ini bisa bertahan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban terkhusus di lingkup Kulon Progo dan sekitarnya,” kata Erik.