Piala Asia 2023: Waketum PSSI bingung mainkan Baggott sebagai penyerang

id pssi,piala asia 2023,zainudin amali

Piala Asia 2023: Waketum PSSI bingung mainkan Baggott sebagai penyerang

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menjawab pertanyaan para pewarta setelah mengikuti acara nonton bareng pertandingan Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia melawan Jepang, di GBK Arena, Jakarta, Rabu (24/1/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali bingung dengan keputusan Pelatih Shin Tae-yong yang memainkan Elkan Baggott sebagai penyerang, saat timnas Indonesia bermain melawan Jepang pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023, Rabu.

Elkan yang biasanya berposisi sebagai bek tengah, dimasukkan oleh Pelatih Shin pada menit ke-73 untuk menggantikan Egy Maulana Vikry.

Sayangnya upaya memainkan Elkan di depan tidak banyak memberi dampak bagi ketajaman timnas Indonesia. Tim Garuda tetap kalah 1-3 dari raksasa Asia Jepang, dan gol hiburan bagi timnas dibukukan oleh Sandy Walsh memanfaatkan kelengahan pertahanan lawan pada menit ke-91.

“Saya tidak tahu apa strateginya STY sampai mendorong Baggott ke depan, padahal dia belum pernah dalam posisi itu dan dia kelihatan seperti apa ya. Saya tidak tahu padahal itu kan masih ada beberapa pemain depan kita,” kata Zainudin saat ditemui seusai menyaksikan siaran langsung pertandingan itu di GBK Arena, Jakarta.

Dalam daftar pemain yang diumumkan, timnas memang masih memiliki dua penyerang yakni Hokky Caraka dan Dendy Sulistyawan. Sampai peluit panjang pertandingan kontra Jepang berbunyi, kedua penyerang itu tidak dimainkan.

Meski bingung dengan keputusan Pelatih Shin, Zainudin memilih untuk percaya bahwa apa yang diramu oleh arsitek tim asal Korea Selatan itu memang untuk kebaikan tim.

“Cuma kan kita gak tahu apa yang ada di pikiran pelatih. Ya kita percaya saja kepada apa yang diputuskan pelatih. Tapi secara keseluruhan sih anak-anak sudah menunjukkan perlawanan yang luar biasa. Cuma memang dikagetkan oleh gol yang sangat cepat. Jadi saya kira itu juga secara mental berpengaruh. Sudah dari awal kemasukan duluan,” tambah sosok yang juga mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Waketum PSSI bingung keputusan mainkan Baggott sebagai penyerang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024