Ribuan masker disiapkan antisipasi abu vulkanik Gunung Semeru

id erupsi semeru,gunung semeru,abu vulkanik semeru,bpbd lumajang,persediaan masker ,antisipasi abu vulkanik

Ribuan masker disiapkan antisipasi abu vulkanik Gunung Semeru

Erupsi Gunung Semeru pada Selasa (6/2/2024) pukul 07.30 WIB (ANTARA/HO-PVMBG)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Jawa Timur (Jatim), menyiapkan ribuan masker untuk mengantisipasi hujan abu vulkanik Gunung Semeru karena beberapa hari terakhir gunung berstatus siaga itu erupsi hampir setiap hari.

"Sejauh ini erupsi Gunung Semeru aman terkendali dan tidak berdampak signifikan pada aktivitas warga," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi di kabupaten setempat, Selasa.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mengalami erupsi atau letusan sebanyak dua kali pada Selasa yakni pukul 05.52 WIB dan 07.30 WIB.

Erupsi tersebut disertai dengan abu vulkanik dengan ketinggian 500 hingga 1.000 meter di atas puncak dan teramati kolom abu vulkanik berwarna putih, kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal ke arah timur laut.



"Stok masker di BPBD Lumajang sekitar 10.000 masker untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi hujan abu vulkanik pascaerupsi, sehingga siap didistribusikan apabila diperlukan," tuturnya.

Ia mengatakan status Gunung Semeru masih Level III atau Siaga, sehingga BPBD Lumajang mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD Lumajang siapkan ribuan masker antisipasi abu erupsi Semeru
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024