Mahfud: Saya perbaiki struktur pendidikan tinggi di Indonesia

id Mahfud Md,Tabrak Prof,Pendidikan Tinggi

Mahfud: Saya perbaiki struktur pendidikan tinggi di Indonesia

Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md (kedua kiri) saat mendengarkan pertanyaan dari warga di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (5/2/2024). (ANTARA/Rio Feisal)

Kabupaten Sleman, DIY (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md mengatakan bahwa dirinya bersama calon presiden Ganjar Pranowo berjanji akan memperbaiki struktur pendidikan tinggi bila terpilih nanti.

"Saya berpikir ke depan struktur perguruan tinggi itu harus ditambah. Sekarang ini terlalu banyak di kampus oleh pemerintah. Seharusnya kampus itu lebih otonom dan mempunyai kewibawaan akademik," kata Mahfud dalam acara Tabrak, Prof! di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (5/2) malam.

Mahfud mengatakan bahwa pembenahan struktur perguruan tinggi diperlukan untuk menciptakan kampus yang otonom.

"Seperti ketika di zaman orde baru sekali pun, kalau dewan guru besar itu pengaruhnya besar, sangat berwibawa. Sekarang malah didikte-dikte oleh anak-anak kecil yang tidak karuan itu. Oke nanti kita perbaiki ini," janji Mahfud.

Selain otonom, Mahfud juga mengatakan bahwa kampus harus memiliki kebebasan mimbar akademis. Oleh sebab itu, kebebasan mimbar akademis menjadi perhatian Ganjar-Mahfud bila terpilih nanti.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mahfud janji perbaiki struktur pendidikan tinggi