Hati-hati, obat kumur tingkatkan kadar gula darah pasien diabetes

id Penggunaan obat kumur,penderita diabetes,bahaya obat kumur,kesehatan mulut

Hati-hati, obat kumur tingkatkan kadar gula darah pasien diabetes

Ilustrasi obat kumur (net) (/)

Jakarta (ANTARA) - Menjaga kebersihan mulut telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terhadap infeksi gusi dan kondisi seperti diabetes dan Alzheimer.

Penelitian terbaru telah memberikan lebih banyak bukti kaitannya, dengan temuan yang menyarankan bahwa penggunaan obat kumur antiseptik pada beberapa pasien diabetes dapat berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah.

Dikutip dari Medical Daily, Sabtu, Periodontitis adalah infeksi gusi yang merusak jaringan lunak di sekitar gigi yang terkait dengan kondisi seperti diabetes, demensia, penyakit kardiovaskular, dan infeksi saluran pernapasan.

Dalam studi terbaru ini, para peneliti menemukan bahwa ketika individu dengan diabetes tipe 2 berkumur dengan obat kumur antiseptik, ada penurunan yang signifikan dalam jumlah bakteri yang terkait dengan periodontitis.



 Selain itu, ketika tingkat bakteri berkurang, ada kontrol yang lebih baik terhadap kadar gula darah pada beberapa pasien diabetes, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

"Ada tiga spesies bakteri yang sangat virulen yang terkait dengan periodontitis, atau penyakit dari jaringan di sekitar gigi. Kami memutuskan untuk melihat apakah kami dapat mengurangi ketiga spesies ini Porphyromonas gingivalis, Treponema denticola, dan Tannerella forsythia pada pasien dengan diabetes tipe 2 menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik klorheksidin glukonat," kata Penulis Utama studi tersebut Saaya Matayoshi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penggunaan obat kumur bisa tingkatkan kadar gula darah pasien diabetes