Lagu Mendung Tanpo Udan diangkat menjadi film layar lebar

id mendung tanpo udan,lagu,film

Lagu Mendung Tanpo Udan diangkat menjadi film layar lebar

Para pendukung film Mendung Tanpo Udan pada pre-sreening di Empire XXI Cinema Yogyakarta, Sabtu (17/2/2024) malam. (ANTARA/HO-Nant)

Yogyakarta (ANTARA) - Lagu Mendung Tanpo Udan yang merupakan ciptaan Kukuh Prasetya Kudamai dan sudah dicover ratusan musisi dan ditonton 4 juta viewers di YouTube, termasuk yang dinyanyikan Ndarboy Genk, diangkat menjadi sebuah film layar lebar.

Film Mendung Tanpo Udan berpijak pada novel karya Fairuzul Mumtaz dengan judul yang sama, kemudian diolah dan dikembangkan lebih jauh oleh Kris Budiman dan Gianluigi Christoikov selaku penulis.

"Film ini semoga tidak menjadi hiburan semata, tetapi juga bisa memperkenalkan Yogyakarta lebih luas lagi," kata Produser Nant Entertainment Muhammad Hananto pada pre-screening Mendung Tanpo Udan di Empire XXI Cinema Yogyakarta, Sabtu (17/2) malam.

Ia mengungkapkan film Mendung Tanpo Udan bisa dikatakan film yang istimewa. Selain seluruh pengambilan gambar selama 15 hari dilakukan di Yogyakarta di bawah arahan sang sutradara Kris Budiman, film ini juga menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa utama di setiap percakapan.

"Proses syuting Mendung Tanpo Udan melibatkan berbagai talenta di industri kreatif, mulai dari aktor dan aktris nasional, kreator konten, komedian dan komika hingga talenta seniman asli Yogyakarta," ujarnya.

Nama-nama aktor dan aktris nasional yang menghiasi film Mendung Tanpo Udan, antara lain Erick Estrada sebagai Udan, Yunita Siregar sebagai Mendung, Marcel Darwin sebagai Will, Kery Astina sebagai Awan, Aulia Deas sebagai Petri, dan Yati Pesek sebagai Mbak Retno.

Selain itu, film Mendung Tanpo Udan juga banyak melibatkan talenta seniman asli Yogyakarta, mulai dari Bimacho, Migga Sadewa, Alit Jabang Bayi, Wijil, Popo Java, Gepeng Kesana-Kesini, Shaggydog hingga Kukuh Prasetya Kudamai selaku pencipta lagu.

"Sederet kreator konten dan seniman ibu kota lainnya seperti Tommy Limm, Elgi Purnama, Jenda McClover, Alit Shitlicious dan Oom Leo Karaoke juga terlibat dalam film yang mengisahkan lika-liku asmara Udan (Erick Estrada) dan Mendung (Yunita Siregar)," katanya.

Erick Estrada mengatakan bahwa pada awalnya kurang percaya diri untuk terlibat dalam film Mendung Tanpo Udan, tetapi atas dukungan dari para pemain dan kru akhirnya dia bersedia bermain dalam film tersebut.

"Pada awalnya saya masih mikir karena kurang percaya diri. Namun, dukungan dan kerja sama yang luar biasa dari para pemain dan kru akhirnya membuat saya yakin untuk terlibat dalam film Mendung Tampo Udan," ujarnya.

Meskipun demikian, Ndarboy Genk yang identik dengan lagu Mendung Tanpo Udan tidak terlibat dalam film tersebut, karena terkendala waktu dan jadwal manggung yang padat.

Film Mendung Tanpo Udan rencananya mulai tayang di bioskop tanah air pada 29 Februari 2024.