Program Sekolah Ramah Anak cegah kekerasan pelajar

id Kekerasan Terhadap Pelajar ,Kabupaten Sukabumi ,DP3A Kabupaten Sukabumi ,Sekolah Ramah Anak

Program Sekolah Ramah Anak cegah kekerasan pelajar

Personel Polsek Warungkiara memperlihatkan senjata tajam yang disita dari oknum pelajar tingkat SMP saat hendak tawuran di wilayah Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jabar, beberapa waktu lalu. ANTARA/Dok-Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi menyebutkan Program Sekolah Ramah Anak menjadi salah satu program unggulan untuk mencegah terjadinya kekerasan yang dilakukan oleh pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jabar.

"Program Sekolah Ramah Anak gencar kami lakukan untuk mencegah terjadinya kekerasan pada pelajar seperti tawuran, perundungan dan lainnya," kata Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki, di Sukabumi, Rabu.

Menurut Eki, tujuan dari program ini selain untuk membentuk sekolah ramah anak juga memberikan edukasi kepada pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA sederajat tentang bahaya dan dampak dari kekerasan yang dilakukan oleh pelajar.

Diharapkan keberadaan Program Sekolah Ramah Anak ini bisa menekan angka kasus perundungan dan tawuran antar-pelajar di wilayah Kabupaten Sukabumi. Selain itu, program ini untuk memperkuat fungsi dari tenaga pendidik pengawasan dan penindakan sebagai upaya mencegah terjadinya kekerasan terhadap pelajar.

Namun demikian, program ini harus didukung oleh para orang tua murid karena pencegahan merupakan tanggung jawab bersama. Apalagi peran orang tua sangat vital dalam mengawasi aktivitas anak-anak saat berada di luar sekolah.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024