Kelas Inspirasi cegah kekerasan pelajar dan anak

id kelas inspirasi,cegah kekerasan,perkawinan anak,pemkot surabaya

Kelas Inspirasi cegah kekerasan pelajar dan anak

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-PPKB) Kota Surabaya Tomi Ardiyanto (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Kelas Inspirasi Wali Kota Surabaya diharapkan mampu mencegah kekerasan dan perkawinan anak di Kota Pahlawan, Jawa Timur, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-PPKB) Kota Surabaya Tomi Ardiyanto.

Tomi Ardiyanto di Surabaya, Minggu, mengatakan, dalam kelas inspirasi yang dilaksanakan secara hybrid (dua metode), yakni kegiatan luring dan daring pada 30 Januari 2023 ini ada talkshow dan sosialisasi pengelolaan karakter pada remaja putri.

"Ini sebagai upaya perlindungan diri terhadap kekerasan dan perkawinan anak," kata dia.

Menurut dia, kelas inspirasi secara luring yang digelar di Gedung Balai Budaya, Jalan Gubernur Suryo Nomor 15, Surabaya mulai pukul 08.00 WIB akan dihadiri sebanyak 750 anak mulai dari Anggota PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), peserta didik SMA/SMK, Karang Taruna, anggota FAS (Forum Anak Surabaya) Perempuan, Ketua Osis, dan Pengurus Orpes (Organisasi Pelajar Surabaya) SMP negeri/swasta.



Sedangkan, untuk kegiatan secara daring dapat diikuti melalui live streaming youtube Bangga Surabaya, Sapawarga Kota Surabaya, Puspaga Surabaya, dan Instagram Live @puspaga.sby.

Tomi mengatakan, kekerasan terhadap anak seringkali terjadi, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Kekerasan yang dialami berupa tindak kekerasan secara fisik, seksual, penganiayaan emosional, atau pengabaian terhadap anak.

Merespons hal tersebut, kata dia, pihaknya didukung oleh organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi terkait, rekan-rekan jejaring Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), para pemerhati anak, dan media.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DP3A-PPKB: Kelas Inspirasi cegah kekerasan anak di Surabaya