TWC uji coba pelayanan perpanjangan "Visa on Arrival" di Candi Prambanan

id PT TWC ,Candi Prambanan ,Layanan perpanjangan VoA

TWC uji coba pelayanan perpanjangan "Visa on Arrival" di Candi Prambanan

General Manager of Prambanan & Ratu Boko PT TWC I Gusti Putu Ngurah Sedana. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi Borobudur  Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) melakukan uji coba layanan Perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan bagi warga negara asing (WNA) di destinasi Taman Wisata Candi Prambanan.

"Fasilitas layanan ini dihadirkan untuk meningkatkan kualitas layanan dan angka kunjungan wisatawan mancanegara di kawasan Candi Prambanan dan Yogyakarta pada umumnya," kata General Manager of Prambanan & Ratu Boko PT TWC I Gusti Putu Ngurah Sedana di Sleman, Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, layanan perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan bagi WNA ini merupakan program kolaborasi antara PT TWC dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Jawa Tengah.

"Fasilitas yang masih dalam tahap uji coba ini bisa diakses WNA saat berkunjung ke TWC Prambanan melalui pintu kedatangan wisatawan mancanegara mulai 22 Februari sampai April 2024," katanya.

Ia mengatakan "Visa On Arrival (VoA)" merupakan layanan yang diberikan untuk mempermudah kunjungan warga negara asing baik untuk keperluan bisnis, wisata maupun kegiatan lainnya.



"Program ini diperluas dengan memberikan fasilitas di beberapa destinasi unggulan, salah satunya di destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, yang telah berjalan sejak Juli 2023," katanya.

Ia mengatakan wisatawan dapat hadir langsung dengan membawa Paspor dan "return ticket". Pengurusan VoA dilayani tiap hari Selasa dan Kamis oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, mulai pukul 09.00–15.00 WIB dengan biaya Rp500 ribu.

"Layanan ini diharapkan bisa meningkatkan minat wisman berkunjung ke Candi Prambanan," katanya.

Terlebih, kata dia, proses perpanjangan VoA ini berlangsung 'one day service', sehingga wisman bisa menunggu proses layanan sembari berkunjung mengelilingi destinasi Warisan Budaya Dunia ini.

"PT TWC terus berinovasi untuk memberikan kemudahan layanan Perpanjangan Izin Tinggal atau VoA bagi wisman yang berkunjung," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TWC uji coba layanan perpanjangan "Visa on Arrival" di Candi Prambanan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024