Perguruan tinggi berperan cetak SDM berkualitas Indonesia

id Pj gubernur jatim, adhy karyono, wisuda upn,upn veteran jatim

Perguruan tinggi berperan cetak SDM berkualitas Indonesia

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono (kedua kanan) saat menghadiri Wisuda Sarjana Ke-90, Pasca Sarjana Ke-52 dan Doktor Ke-1 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (24/2/2024). ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim

Surabaya (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyebut perguruan tinggi berperan sebagai Intellectual Capital bangsa untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang lebih berkualitas.

"Perguruan tinggi diharapkan menjadi institusi pendidikan yang mengajarkan daya juang, bahkan bisa membangun watak pembelajar, yang selalu belajar tanpa menunggu digurui, yang selalu berinovasi tanpa menunggu diajari," ucap Adhy saat menghadiri Wisuda Sarjana Ke-90, Pascasarjana Ke-52 dan Doktor Ke-1 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur di Surabaya, Sabtu.
 
Di hadapan 733 wisudawan dan wisudawati yang hadir, Adhy juga menekankan pentingnya peran perguruan tinggi dalam membangun SDM berkualitas juga dapat dilihat dari peringkat Indonesia dalam Indeks Daya Saing Global tahun 2023 yang mengalami peningkatan.
 
 
Tercatat pada tahun 2023, Indonesia menempati peringkat 34, naik 10 peringkat dibanding tahun 2022 yang berada di peringkat 44.
 
"Indeks Inovasi Global kita dalam laporan yang dirilis World Intellectual Property Organization (WIPO), menempati peringkat 61 dari 132 negara, dengan total skor 30,3. Posisi itu naik 14 peringkat dari peringkat 75 di tahun 2022," tuturnya.
 
Sedangkan untuk Indeks Daya Saing Talenta Global (Global Talent Competitiveness Index) pada tahun 2023, Indonesia masih berada di peringkat ke-80 dari 134 negara, dimana Singapura berada di peringkat ke-2, Malaysia di peringkat ke-42 dan Thailand ke-79.
 
"Fakta-fakta tersebut menandakan bahwa daya saing SDM Indonesia masih membutuhkan penguatan strategis yang harus terus diakselerasi," kata Adhy.
  
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pj Gubernur Jatim: Perguruan tinggi berperan cetak SDM berkualitas