Wisata Bangsring Underwater jadi contoh desa wisata Indonesia

id Banyuwangi,wisata bangsring underwater,wisata banyuwangi,Menko PMK,Muhadjir Effendy

Wisata Bangsring Underwater jadi contoh desa wisata Indonesia

Menko PMK Muhadjir Effendy saat berkunjung ke Wisata Bangsring Underwater Banyuwangi, Jawa Timur. Kamis (7/3/2024) ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi

Banyuwangi (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut Wisata Bangsring Underwater di Banyuwangi, Jawa Timur, menjadi contoh desa wisata yang mampu memaksimalkan potensi pantai di wilayahnya.

"Ini contoh desa wisata yang inovatif. Selama ini kita beranggapan desa wisata itu selalu perdesaan. Destinasi ini merupakan contoh desa wisata yang bisa memaksimalkan potensi," kata Menko PMK saat berkunjung ke Wisata Bangsring Underwater di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Kamis (7/3).

Bangsring Underwater merupakan objek wisata bahari berbasis edukasi dan konservasi. Kawasan pantai ini berkembang menjadi destinasi bahari dengan melakukan upaya-upaya konservatif seperti penanaman terumbu karang, konservasi pantai, hingga penanaman bakau.

Upaya konservasi ini oleh nelayan setempat yang dahulunya bisa dibilang sebagai "pengebom ikan" hingga 2008. Kelompok nelayan Samudra Bakti BESA memelopori langkah-langkah konservasi setelah mereka menyadari ekosistem laut di kawasan tersebut rusak.

Saat ini kawasan perairan Pantai Bangsring telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Banyuwangi. Wisatawan bisa melihat kejernihan laut, snorkeling, hingga sekadar menikmati kawasan pantai yang rimbun dengan pohon cemara udang.

Destinasi ini kini memiliki omzet Rp450 juta per bulan, pendapatan rumah tangga perikanan (RTP) juga meningkat dari sebelumnya Rp50 juta per tahun menjadi Rp120 juta per tahun.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko PMK sebut Wisata Bangsring Underwater jadi contoh desa wisata
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024