IDEA Indonesia menjembatani lulusan SMK di Yogyakarta dengan dunia kerja

id IDEA,SMK,Yogyakarta,corporate academy,Hotel,Yogya,Pandanaran,Hirel,Pandanaran Grup,MKKS,MKKS Yogya,Direktur Pandanaran H

IDEA Indonesia menjembatani lulusan SMK di Yogyakarta dengan dunia kerja

President Director PT IDeA Indonesia Akademi Tbk, Eko Desriyanto dan Direktur Pandanaran Hotel Group Adi Andriyanto saat melakukan penandatanganan kerja sama pembukaan cabang IDEA Indonesia Akademi di Yogyakarta, Jumat (8/3/2024). ANTARA/Luqman Hakim.

Yogyakarta (ANTARA) - Penyedia jasa pendidikan vokasi bidang perhotelan, kulineri, pariwisata, dan ekonomi kreatif PT IDeA Indonesia Akademi Tbk (IDEA) menjembatani lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Yogyakarta agar mudah terserap dunia kerja, khususnya di industri perhotelan.

President Director PT IDeA Indonesia Akademi Tbk Eko Desriyanto di Yogyakarta Jumat mengatakan, upaya tersebut diwujudkan dengan membuka kantor cabang di Kota Gudeg bekerja sama dengan Hotel Pandanaran Yogyakarta sebagai lokasi pendidikan.

"Yogyakarta ini kota pariwisata, di mana hotel tumbuh, restoran tumbuh tapi sepengetahuan kita yang masuk -diterima sebagai karyawan- justru banyak orang-orang dari luar Yogyakarta," katanya. 

Karena itu, Eko mengatakan melalui program "corporate academy" yang berlokasi di Hotel Pandanaran Yogyakarta diharapkan semakin banyak lulusan atau almuni SMK sederajat di Yogyakarta terserap dunia kerja.

Melalui program pelatihan yang digelar selama tiga bulan mulai Juli 2024, para lulusan SMK di Yogyakarta bakal digembleng dengan melihat, terlibat, merasakan, dan langsung mengambil peran operasional sehari-hari di hotel tersebut di bawah bimbingan para praktisi.

Eko memandang dunia industri selama ini cenderung lebih mudah menyerap calon pekerja yang telah memiliki bekal keahlian spesifik serta mampu beradaptasi.

"Kalau dia ada di lingkungan pendidikan namun tidak pernah terjun ke industri secara langsung, biasanya kurang bisa beradaptasi," katanya.

Setelah menuntaskan program, menurut dia, seluruh peserta langsung direkrut atau ditempatkan oleh perusahaan, anak usaha, dan mitra usahanya.

"Kami menargetkan para peserta mendapat penempatan kerja di hotel bintang tiga ke atas," katanya.

Pada tahun pertama, IDEA membidik sekitar 100 peserta lulusan SMK di Yogyakarta yang nantinya dibagi dalam tiga kelas setelah melalui seleksi.

Perwakilan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Kejuruan (MKKS) SMK DIY Yunanto Andang Triyanto mendukung program pelatihan yang diinisiasi IDEA untuk mengurangi pengangguran terdidik, termasuk yang berasal dari lulusan SMK.

"Semoga kolaborasi ini bisa menjembatani para lulusan SMK yang hendak bekerja di sektor industri pariwisata," katanya.

Direktur Pandanaran Hotel Group Adi Andriyanto mengaku terbantu dengan program "corporate academy" IDEA, karena lebih mudah mendapatkan calon karyawan yang sesuai spesifikasi dan kebutuhan perusahaan.

"Karena berlangsung di Hotel Pandanaran, anak-anak didik akan mengerti 'SOP' -standar-operasional-prosedur-  di sini seperti apa. Walaupun industrinya sama, tapi masing-masing tempat tentu punya spesifikasi berbeda satu sama lain," kata Adi.