Dibangun, replika catra puncak Candi Borobudur

id Pusdiklat , cata dinadamo, borobudur

Dibangun, replika catra puncak Candi Borobudur

Replika catra Candi Borobudur dibangun di Pusdiklat Catra Dinadamo di Desa Borobudur, Kabupaten Magelang. ANTARA/Heru Suyitno

Magelang (ANTARA) - Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Catra Dinadamo membangun replika catra di puncak Candi Borobudur dengan tinggi sembilan meter.

Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Syambodo di Magelang, Sabtu, menyampaikan dengan berdirinya Pusdiklat Catra Dinadamo ini memberi kesempatan untuk menciptakan rumah singgah bagi umat Buddha, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Sebagai tempat berkreativitas bagi anggota sangha serta sebagai tempat untuk mempelajari dan merasakan kekayaan budaya setempat," katanya dalam sambutan peresmian catra di Pusdiklat Catra Dinadamo di Desa Borobudur.

Menurut dia, keberadaan pusdiklat ini bukan sekadar lembaga pendidikan dan pelatihan melainkan wahana yang tidak terpisahkan dari ajaran agama Buddha.

Melalui pusat ini, katanya, bisa mengembangkan nilai-nilai agama Buddha dan membangun sumber daya manusia anak bangsa.

Ia berharap, pembangunan tugu dan pusdiklat ini dapat mewujudkan harapan besar, khususnya dalam pengembangan spiritualitas umat Buddha dan pembentukan persamuan sangha yang berkualitas.

"Saya juga berharap agar masyarakat sekitar dapat turut bersinergi dengan baik menciptakan hubungan yang dinamis dalam kebersamaan dan gotong royong melalui berbagai program yang diselenggarakan," katanya.

Ia menuturkan pusdiklat ini akan berperan sebagai tempat transit atau akomodasi bagi kegiatan keagamaan di Candi Borobudur.

Usaha dari umat Buddha untuk mendukung Candi Borobudur sebagai pusat wisata religi global, katanya, tidak hanya bermanfaat bagi umat Buddha tetapi juga masyarakat luas.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pusdiklat Catra Dinadamo bangun replika catra puncak Candi Borobudur