BNPB: Diperpanjang hingga 27 Maret 2024, operasi modifikasi cuaca di Jateng

id TMC,Modifikasi Cuaca,penyemaian garam,BMKG, banjir demak,banjir kudus

BNPB: Diperpanjang hingga 27 Maret 2024, operasi modifikasi cuaca di Jateng

Arsip foto - Tim penerbang teknologi modifikasi cuaca menyiapkan garam (Natrium Clorida/NaCl) untuk kemudian disemaikan ke langit sejumlah daerah di Jawa Tengah supaya bisa mengurangi potensi dampak bencana hidro-meteorologi banjir, Sabtu (16/3/2024). ANTARA/HO-BNPB.

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali memperpanjang masa operasi modifikasi cuaca hingga 27 Maret 2024 untuk mengurangi intensitas hujan sebagai pemicu banjir yang melanda sejumlah daerah di Jawa Tegah.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Sabtu, mengatakan, perpanjangan kali ketiga masa operasi ini dilakukan merujuk kondisi iklim dan cuaca wilayah Jateng yang masih berpotensi diselimuti awan penghujan hingga akhir bulan ini.  

Bahkan, pertumbuhan awan penghujan itu berada pada kategori tinggi lebih dari 70 persen yang akan melanda hampir seluruh wilayah Jawa Tengah, tak terkecuali Kabupaten Demak dan Kudus.  

“Harapannya bisa mengurangi intensitas hujan dan mempercepat penanganan banjir Jawa Tengah terkhusus nya Demak-Kudus,” kata dia.

Menurut Abdul, operasi modifikasi cuaca yang diselenggarakan atas dukungan kerja sama antara BNPB, BMKG, BRIN, TNI, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan unsur terkait lainnya ini adalah salah satu upaya strategis untuk mengatasi banjir yang hingga kini masih mengenangi Demak dan Kudus


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Operasi modifikasi cuaca di Jateng diperpanjang hingga 27 Maret
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024