Sleman serahkan bantuan ternak untuk pengembangan usaha BUMKal

id Bantuan ternak BUMKal ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman

Sleman serahkan bantuan ternak untuk pengembangan usaha BUMKal

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan bantuan hewan ternak untuk pengembangan usaha BUMKal di Sleman, Jumat (5/4/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyerahkan bantuan hewan ternak secara guna pengembangan unit Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) yang ada di wilayah itu.

"Diharapkan bantuan ternak bisa dimaksimalkan dan dioptimalkan untuk sehingga produktivitasnya meningkat," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Sabtu.

Bantuan hewan ternak tahap pertama ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kepala lima BUNKal yakni, BUMKal Sendangsari, Purwobinangun, Sumberharjo, Sidoluhur dan Sumberadi pada Jumat (5//4).

Kustini mengatakan, selain bantuan hewan ternak, Pemkab Sleman juga memberikan bimbingan teknis (bimtek) pengembangan Unit Usaha BUMKal agar BUMKal Kabupaten Sleman dapat memaksimalkan manfaat dengan baik, dapat meningkatkan kapasitas pengelola BUMKal dan menjadi lebih produktif dalam menjalankan usaha ternak khususnya.

"Para kelompok BUMKal perlu membekali diri dengan peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang ilmu beternak kambing yang baik tanpa meninggalkan pengembangan kapasitas peternakan yang telah berhasil guna dalam meningkatkan kesejahteraan para BUMKal," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman Samsul Bakri mengatakan, setiap BUMKalmendapat bantuan satu ekor kambing jantan dan delapan ekor betina.

Menurut dia, bantuan ternak ini dilakukan untuk memperoleh hasil produk susu kambing dan olahannya.

"Bantuan ini dimaksudkan untuk pengembangan unit usaha BUMKal di Sleman dan baru mencakup delapan kalurahan. Ke depan tentu akan mencakup seluruh kalurahan lain," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024