Polres Kulon Progo mengintensifkan pengamanan objek wisata Bukit Menoreh

id Kedung Pedut,Polres Kulon Progo,Kulon Progo

Polres Kulon Progo mengintensifkan pengamanan objek wisata Bukit Menoreh

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati memantau kunjungan wisatawan di Kedung Pedut, Jatimulyo. (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengintensifkan pengamanan objek wisata di kawasan Bukit Menoreh pada libur Lebaran 2024 karena banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati keindahan alam di wilayah itu.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan di kawasan Bukit Menoreh banyak objek wisata alam yang dikelola masyarakat dan wisata kuliner, sehingga Polres Kulon Progo melakukan pengamanan objek wisata di wilayah ini.

Salah satunya, Air Terjun Kedung Pedut terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo.

"Pengamanan tersebut dilakukan sebagai langkah mengantisipasi adanya lonjakan pengunjung di berbagai destinasi wisata di Kulon Progo, apalagi jumlah pengunjung meningkat saat libur panjang Lebaran ini," kata Nunuk.

Ia mengatakan objek wisata Kedung Pedut ini berupa air terjun yang cantik dan menawan sudah banyak yang mengunjungi tempat ini bahkan hingga wisatawan asing. Air terjun ini menarik wisatawan karena letaknya yang tersembunyi.

Selain itu, paduan warna yang unik, yaitu biru toska dan jernih air yang berpadu memancarkan warna yang menarik. Tempat wisata ini juga dibuat seperti waterpark tradisional tersedia, seperti papan seluncur kayu, pancuran bambu.

"Kami melaksanakan monitoring dan imbauan kepada para wisatawan agar selalu berhati-hati jaga keselamatan diri," katanya.

Nunuk juga memberikan imbauan kepada pengunjung wisata agar waspada dengan barang bawaannya guna antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga menempatkan personel Kepolisian Polres Kulon Progo untuk melaksanakan pengamanan di lokasi objek wisata di Kulon Progo," katanya.

Kapolres pastikan keberadaan anggota yang terpenting di sepanjang jalur di objek wisata dan di lokasi objek wisata. Personel dari Polres Kulon Progo yang melaksanakan pengamanan di tempat wisata dengan patroli menyisir lokasi dan mengimbau keselamatan pengunjung dan antisipasi pencegahan gangguan kamtibmas.

"Personel Polres Kulon Progo siaga untuk memberikan pelayanan," katanya.