Festival Lom Plai 2024 dongkrak bidang penilaian

id Ken, lom plai, KEN 2024

Festival Lom Plai 2024 dongkrak bidang penilaian

Festival Lom Plai yang digelar di Kalimantan Timur. ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berharap kegiatan daerah yang telah masuk dalam program Karisma Event Nusantara (KEN) yakni Festival Lom Plai, Kalimantan Timur bisa meningkatkan bidang yang menjadi aspek penilaian.
 
"Kegiatan-kegiatan daerah yang telah berhasil masuk dalam program KEN bisa terus meningkatkan lima bidang yang jadi penilaian," ujar Ketua Tim Kerja Wilayah Sulawesi dan Kalimantan Direktorat Event Daerah Kemenparekraf Vicky Apriansyah lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Adapun Festival Lom Plai 2024, salah satu festival budaya asal Kalimantan Timur yang masuk KEN 2024 digelar sejak 15 Maret hingga 24 April 2024. Lom Plai merupakan ritual setelah panen padi yang dilakukan suku Dayak Wehea.
 
Ritual ini digelar sebagai bentuk syukur masyarakat suku Dayak Wehea kepada Tuhan atas panen yang melimpah, kemakmuran, dan kesejahteraan bagi masyarakat.
 
Pesta adat Lom Plai ini terdiri dari rangkaian acara yang cukup panjang. Dimulai dengan Ngesea Egung atau pemukulan gong oleh keturunan raja pada dini hari di rumah adat.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf harap Festival Lom Plai tingkatkan bidang penilaian
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024