Jokowi meresmikan 147 infrastruktur rekonstruksi pascagempa Sulbar

id Presiden Jokowi,gempa sulbar,gempa majene,rekonstruksi pasca gempa,pembangunan infrastruktur,infrastruktur sulbar

Jokowi meresmikan 147 infrastruktur rekonstruksi pascagempa Sulbar

Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat meresmikan 147 bangunan rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa bumi Sulawesi Barat, di SMK 1 Rangas Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (23/4/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional 147 bangunan yang telah direhabilitasi dan direkonstruksi pasca-gempa bumi yang melanda Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

"Alhamdulillah berkat kerja keras kita semuanya, hari ini akan kita resmikan 147 bangunan yang telah direhabilitasi dan telah direkonstruksi di Sulawesi Barat pasca-bencana yang lalu, bencana gempa," kata Presiden Jokowi diikuti dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa.

Presiden Jokowi mengatakan operasional bangunan tersebut terdiri atas 47 bangunan perkantoran, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan, satu gedung peribadahan, satu fasilitas olahraga, tujuh rumah susun, dua rumah adat, serta 17 prasarana air minum.



Selain itu, kata Presiden, pemerintah juga membangun tiga ruas jalan daerah di wilayah setempat melalui kebijakan Instruksi Presiden (Inpres) sepanjang 22,4 kilometer.

Total anggaran pemerintah pusat yang diserap melalui kegiatan itu mencapai total Rp1,31 triliun, kata Presiden Jokowi.

Dalam agenda peresmian yang berlangsung di SMK 1 Rangas Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, itu Presiden mengatakan seluruh proses rehabilitasi dan rekonstruksi berbagai infrastruktur tersebut ditempuh sejumlah otoritas terkait berdasarkan instruksi dan perintah langsung yang ia sampaikan saat gempa bumi yang terjadi pada 15 Januari 2021.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden resmikan 147 infrastruktur rekonstruksi pascagempa Sulbar