Bupati Sleman tegaskan pembangunan pertanian menjadi prioritas utama

id Forkom Gapoktan Sleman ,Forkom KWT Sleman ,Dinas Pertanian Sleman ,Pertanian Sleman

Bupati Sleman tegaskan pembangunan pertanian menjadi prioritas utama

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau bazar produk KWT pada kegiatan Forum Komunikasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Bazar Produk Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kantor UPT Balai Penyuluhan Pertanian Pangan dan Perikanan (BP4) Wilayah VIII Prambanan, Rabu (24/4/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo menegaskan bahwa pembangunan pertanian menjadi prioritas utama yang ditetapkan sebagai salah satu sektor unggulan yang mendukung arus perdagangan dan perputaran ekonomi.

"Pembangunan pertanian ini yang mendukung industri pangan dan pertanian bahkan perikanan di Kabupaten Sleman," kata Kustini saat menghadiri Forum Komunikasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Bazar Produk Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kantor UPT Balai Penyuluhan Pertanian Pangan dan Perikanan (BP4) Wilayah VIII Prambanan, Rabu.

Kustini berharap kegiatan Forkom Gapoktan dan Bazar produk KWT ini menjadi motivasi bagi para petani untuk saling berkolaborasi meningkatkan produksi hasil pertanian di Sleman.

"Pemerintah Kabupaten Sleman terus mendorong setiap aktivitas dan memberikan motivasi para petani untuk dapat memajukan pertanian sebagai sektor penting dan andalan dalam menopang perekonomian nasional maupun daerah," katanya.

Ia berharap agar Forum Komunikasi Gapoktan dan KWT berkolaborasi dan berkoordinasi agar dapat saling melengkapi dalam menjalankan berbagai program kegiatan untuk memajukan pertanian Sleman sehingga petani semakin sejahtera.

"Forum Komunikasi Gapoktan dan Bazar KWT agar bersama-sama berupaya untuk terus meningkatkan hasil produk-produk pertanian dengan kualitas yang unggul," katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan pelaku udaha dan pelaku pertanian sekaligus menjadi kesempatan memperkenalkan hasil produk pertanian di BP4 Wilayah VIII.

"Selain mempertemukan pelaku usaha dan petani, kegiatan ini juga menjadi indikator untuk menilai sejauh mana pendampingan yang dilakukan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman kepada petani di Sleman melalui UPT di lapangan," katanya.

Selain bazar produk KWT, dalam kesempatan yang sama juga dikukuhkan sembilan pengurus Organisasi Perkumpulan Petani Organik.

Pengukuhan dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman yang ditandai dengan pembacaan naskah pengukuhan.

Kemudian, Bupati Sleman beserta jajarannya juga berkesempatan melakukan panen buah semangka yang berada di kawasan Kantor BP4 Wilayah VIII.


 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024