Sleman menggelar Penghargaan Nata Sembada bagi UMKM

id Penghargaan Nata Sembada ,Dinkop UKM Sleman ,Forkom UMKM Sleman ,Bupati Sleman

Sleman menggelar Penghargaan Nata Sembada bagi UMKM

Plt Kepala Dinkop UKM Kabupaten Sleman Tina Hastani saat sosialisasi kegiatan Penghargaan Nata Sembada bagi Forkom UMKM Kalurahan Sleman di Sleman, Rabu (17/4/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyelenggarakan Penghargaan Nata Sembada untuk memberikan apresiasi kepada Forum Komunikasi (Forkom) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kalurahan di wilayah itu.

"Dengan pemberian penghargaan ini, diharapkan UMKM Sleman semakin tergerak untuk berinovasi dan memberikan dampak yang lebih luas," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada sosialisasi Penghargaan Nata Sembada di Sleman, Rabu.

Kegiatan pemberian penghargaan yang diinisiasi Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Sleman ini juga sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan Forkom UMKM Kalurahan.

"Kami harapkan agar kegiatan ini dapat didukung oleh seluruh pihak. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat melahirkan pioner-pioner baru. Sehingga yang belum tahu menjadi tahu, dan semakin banyak inovasi yang dihasilkan Forkom UMKM Kalurahan di Kabupaten Sleman," katanya.

Menurut dia, Penghargaan Nata Sembada ini juga melibatkan Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan CV Satuasa Untuk Indonesia sebagai tim penilai.

"Tentunya diharapkan agar tim penilai dapat memberikan masukkan kepada Forkom UMKM Kalurahan untuk bisa mengembangkan usahanya," katanya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman Tina Hastani mengatakan, Penghargaan Nata Sembada tidak hanya menjadi evaluasi, namun juga sebagai wujud pembinaan dari Dinas Koperasi dan UKM Sleman terhadap keberadaan Forkom baik di tingkat kabupaten, kapanewon (kecamatan), maupun kalurahan (desa/kelurahan).

"Kegiatan ini merupakan penghargaan yang pertama kali dilaksanakan di 2024, dan ditujukan sebagai apresiasi kinerja bagi pengurus Forkom tingkat kalurahan," katanya.

Ia mengatakan, rangkaian penghargaan akan dilaksanakan dari 22 April sampai 4 Juni 2024, dan untuk penyerahan penghargaan dilaksanakan pada Juli bersamaan dengan penyerahan apresiasi Kalurahan Inovatif.

"Agenda ini dilaksanakan dengan dua skema, yakni pemberian penilaian oleh tim Dinas Koperasi dan UKM Sleman dan penilaian oleh tim UGM serta Satuasa," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024