Gunung Ruang, Sulut, miliki potensi bahaya awan panas-banjir lahar

id gunung ruang,gunung ruang awas,bahaya gunung ruang,gunung ruang erupsi,gunung meletus,badan geologi

Gunung Ruang, Sulut, miliki potensi bahaya awan panas-banjir lahar

Seorang warga memikul boks ikan di Pasar Enam Enam Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2024). (ANTARA FOTO/ANDRI SAPUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Gunung Ruang bertipe strato di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, menyimpan potensi bahaya awan panas hingga banjir lahar yang perlu diwaspadai oleh penduduk lokal di sekitar wilayah tersebut.
 
"Potensi bahaya saat ini berupa erupsi yang menghasilkan awan panas, lontaran material pijar, dan paparan abu vulkanik yang bergantung pada arah dan kecepatan angin serta lahar bila hujan deras turun di sekitar Gunung Ruang," kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Wafid mengatakan pengamatan visual Gunung Ruang pada periode 22 April sampai 2 Mei 2024 umumnya cuaca cerah hingga hujan.  
 
Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara, timur laut, timur, selatan, barat daya, barat, dan barat laut dengan suhu udara sekitar 22 sampai 32 derajat Celcius.
 
Aktivitas erupsi yang terjadi pada 17 April dan 30 April 2024 membuat stasiun seismik yang berjarak 1,5 kilometer dan 2,7 kilometer dari pusat kawah mengalami kerusakan.  
 
Peristiwa dua kali letusan itu menyebabkan kegiatan perekaman aktivitas vulkanik menjadi terganggu karena jarak Pos Pengamatan Gunung Ruang sejauh 5 kilometer dari pusat kawah.  
 
Pada 1 Mei 2024, aktivitas vulkanik di Gunung Ruang didominasi oleh gempa tremor menerus meski tercatat tiga kali gempa vulkanik dalam dan 10 kali gempa vulkanik dangkal.  
 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Ruang punya potensi bahaya awan panas hingga banjir lahar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024