Hari Buruh 2024, Eko Suwanto desak pemda naikkan UMP DIY agar buruh lebih sejahtera

id DPRD,Eko Suwanto

Hari Buruh 2024, Eko Suwanto desak pemda naikkan UMP DIY agar buruh lebih sejahtera

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Upaya peningkatan kesejahteraan buruh perlu terus di dorong dengan kebijakan pemerintah untuk menaikan upah minimum provinsi (UMP) di DIY.

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan menegaskan dengan adanya kenaikan upah buruh diyakini bisa mewujudkan harapan kehidupan keluarga buruh tercukupi kebutuhan keseharian nya.

"Pas hari buruh, 1 Mei yang kini jadi hari libur nasional sejatinya momentum penting bagi buruh. Hadiah paling pas untuk buruh sejatinya adalah memastikan kebijakan peningkatan kesejahteraan buruh, pemda DIY perlu tetapkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) untuk pastikan buruh bisa lebih sejahtera," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Rabu, (1/5/2024).

Eko Suwanto, politisi muda PDI perjuangan yang juga alummus Magister Ekonomi Pembangunan UGM ini menyatakan komponen kenaikan UMP perlu menjadi prioritas kebijakan pemda DIY. Saat ada kenaikan upah, buruh pasti lebih berbahagia.

"Saya ini anaknya buruh pabrik juga, bapak kerja jadi buruh pabrik jamu dulu, jadi paham bagaimana nasib buruh. Penting kiranya UMP DIY naik, hitungannya berapa nominal kenaikan upah nya mari hitung bersama," kata Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.