Pemerintah pindahkan 300 KK korban erupsi Gunung Ruang, Sulut

id erupsi Gunung ruang, erupsi, gunung ruang, Menko PMK

Pemerintah pindahkan 300 KK korban erupsi Gunung Ruang, Sulut

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat menyampaikan keterangan pers seusai Rapat Tingkat Menteri (RTM) penanganan bencana di Kantor Kemenko PMK, Kamis (2/5/2024). (ANTARA/Asep Firmansyah)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah berencana merelokasi sekitar 300 kepala keluarga yang terdampak erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, ke wilayah yang dinilai lebih aman dari dampak erupsi gunung tersebut.

"Dan direlokasi ini tadi sudah ada kesepakatan untuk kesepakatan informal, bahwa untuk wilayah yang ada di akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Karena itu ada sekitar 300 KK yang harus direlokasi," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis.

Muhadjir mengatakan relokasi 300 KK ini akan ditangani langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara untuk relokasi skala kecil akan ditangani langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BNPB, kata dia, akan segera melakukan pendataan terhadap pemukiman yang terdampak secara by name by address. Setelah mendapat kepastian data, Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah akan menetapkan rehabilitasi dan rekonstruksinya.

"Kalau dipandang aman, tinggal akan ada perbaikan-perbaikan, baik perbaikan rusak ringan, sedang, sampai berat dan itu sudah ada skema pembiayaannya, atau (nanti) direlokasi," kata dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah akan relokasi 300 KK terdampak erupsi Gunung Ruang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024