Gunung Ruang erupsi, warga Pulau Ruang, Sulut, dievakuasi ke Bitung

id gunung ruang,pengungsi gunung ruang,erupsi gunung ruang

Gunung Ruang erupsi, warga Pulau Ruang, Sulut,  dievakuasi ke Bitung

Personel Basarnas Manado mengevakuasi warga korban erupsi Gunung Ruang ke KN SAR Bima Sena melalui Pelabuhan Minanga beberapa waktu lalu. (ANTARA/Karel A Polakitan)

Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Basarnas Manado, Sulawesi Utara, Monce Brury mengatakan warga Pulau Ruang yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro telah dievakuasi ke Kota Bitung.

"Mereka sekarang sudah berada di BLK Bitung," kata Monce di Manado, Senin.

Dia mengatakan warga Desa Pumpente dan Desa Laingpatehi adalah warga yang menetap di Pulau Ruang dan kemudian diungsikan ke Pulau Tagulandang saat erupsi pertama 16 April 2024.

"Mereka dievakuasi dari Tagulandang ke Manado menggunakan KN SAR Bima Sena kemarin," ujarnya.

Dia mengatakan evakuasi warga yang mengungsi ke Pulau Tagulandang tidak lagi berlangsung setelah Pelabuhan Tagulandang dibuka kembali untuk umum.

Setelah dibuka, petugas Basarnas tidak bisa lagi mendata mana yang pengungsi erupsi Gunung Ruang dan mana yang tidak.

"Meski begitu, kami tetap menyiagakan KN SAR Bina Sena untuk terus membantu BPBD Sitaro dalam penanganan pascaerupsi Gunung Ruang. Bila saat penting dibutuhkan, kami siap membantu," ujarnya.

Dia menyebutkan setelah berada di BLK Bitung, penanganan selanjutnya akan dilakukan pemerintah provinsi bersama dengan para pemangku kepentingan lainnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Basarnas: Warga Pulau Ruang sudah dievakuasi ke Bitung
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024