Taman nasional sambut Waisak tambah kuota wisatawan Bromo, Jatim

id Kota Malang, Balai Besar TNBTS, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Kuota Wisatawan Bromo, Libur Waisak, Gunung Bromo

Taman nasional sambut Waisak tambah kuota wisatawan Bromo, Jatim

Sejumlah wisatawan mengabaikan gambar Gunung Bromo di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (1/1/2024). ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/Spt.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menyiapkan skema penambahan kuota kunjungan wisatawan ke kawasan Gunung Bromo di Jawa Timur saat libur panjang peringatan Hari Raya Waisak pada 23-26 Mei 2024.

Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS, Hendra di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan bahwa penambahan kuota kunjungan wisatawan tersebut akan dilakukan berdasarkan hasil pantauan petugas pada laman booking online TNBTS.

"Kuota akan disesuaikan dari hasil pantauan petugas pada laman booking online selama masa libur Waisak," kata Hendra.

Hendra menjelaskan, jika berdasarkan hasil pantauan petugas pada laman www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, maka pihak Balai Besar TNBTS akan melakukan penambahan kuota kunjungan wisatawan.

Menurutnya, penambahan kuota kunjungan wisatawan ke kawasan Gunung Bromo tersebut dilakukan dengan sejumlah ketentuan. Penambahan kuota kunjungan wisatawan tersebut, dilakukan dengan melihat kondisi tertentu.

"Jika memang diperlukan penambahan kuota, maka akan dilakukan dengan sejumlah ketentuan," katanya.

Dalam kondisi normal, jumlah kuota yang disiapkan sebanyak 2.752 wisatawan per hari. Jika pada masa libur panjang Hari Raya Waisak kuota tersebut habis, Balai Besar TNBTS menambah kuota menjadi 5.504 orang per hari.

Namun, penambahan jumlah kuota tersebut dilakukan dengan ketentuan yakni untuk wisatawan yang akan melihat matahari terbit di kawasan Gunung Bromo dan masuk ke taman nasional pada dini hari, dibuka seperti biasa dengan jumlah kuota sebanyak 2.752 orang.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BB TNBTS siapkan skema tambah kuota wisatawan Bromo saat libur Waisak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024