Kualitas lulusan vokasi untuk industri gim di RI, gencar dikembangkan

id Pendidikan vokasi,Vokasi,Industri gim

Kualitas lulusan vokasi untuk industri gim di RI, gencar dikembangkan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan PT Gamecomm Indonesia Networks melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dalam rangka peningkatan kompetensi dan menyiapkan SDM lulusan vokasi untuk industri gim di Jakarta, Senin (3/6/2024). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) lulusan pendidikan vokasi agar selaras dengan kebutuhan industri gim. 

Salah satu dukungan Kemendikbudristek ini dilakukan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dengan PT Gamecomm Indonesia Networks.

“Penandatanganan ini dalam rangka peningkatan kompetensi dan menyiapkan SDM lulusan vokasi untuk industri gim,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati dalam keterangan di Jakarta, Selasa.  

Kerja sama ini melibatkan 41 SMK yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Tangerang yakni SMK dengan konsentrasi keahlian meliputi Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Desain Komunikasi Visual. 

Kiki menuturkan kerja sama antara satuan pendidikan vokasi dengan PT Gamecomm Indonesia Network sangat strategis mengingat industri gim memiliki potensi dan berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. 

Kiki berharap satuan pendidikan vokasi tidak hanya dapat mendidik dan menyiapkan lulusan yang kompeten di bidang gim namun juga mampu menyiapkan para profesional yang memiliki etika dalam bekerja.

Sementara itu, penandatanganan perjanjian kerja sama ini sendiri merupakan tindak lanjut penyelenggaraan Webinar Peningkatan Serapan Lulusan Vokasi sebagai Tenaga Kerja Terampil dalam Industri Gim Nasional yang berlangsung pada 27 Maret 2024.

“Saat itu ada 125 SMK. Kemudian pihak Gamecomm Indonesia memilih SMK yang melakukan penandatanganan hari ini,” kata Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kemendikbudristek Uuf Brajawidagda.  



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek dukung kualitas lulusan vokasi untuk industri gim
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024