Kualitas guru-dosen vokasi di Indonesia perlu digenjot sesuai kebutuhan industri

id Pendidikan vokasi,Kualitas vokasi,penguatan kualitas guru

Kualitas guru-dosen vokasi di Indonesia perlu digenjot sesuai kebutuhan industri

Tangkapan layar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kiki Yuliati dalam Raker bersama Komisi X DPR RI di Jakarta, Rabu (5/6/2024). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan masih perlu ada upaya untuk memperkuat kualitas guru, dosen, tenaga pendidik, kepala sekolah di pendidikan vokasi.

“Kami melihat masih diperlukan penguatan pada aspek guru dan dosen,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati dalam Raker bersama Komisi X DPR RI di Jakarta, Rabu.

Kiki menuturkan penguatan kualitas pengajar dan tenaga pendidik di pendidikan vokasi diperlukan agar sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri mengingat mereka akan menyalurkan ilmunya kepada para siswa.

Sementara siswa pendidikan vokasi harus selalu update dengan perkembangan dan kebutuhan industri sehingga mempermudah mencari pekerjaan ketika mereka telah lulus.

Oleh sebab itu, Kiki mengatakan diperlukan pelatihan guru, kepala sekolah, pengawas dan berbagai tenaga pendidik di pendidikan vokasi yakni melalui program upskilling dan reskilling.

“Kami mengintervensinya melalui program upskilling dan reskilling baik dilakukan pada guru, instruktur khusus, maupun dosen,” ujarnya.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek: Perlu penguatan kualitas guru dan dosen vokasi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024