MCEBI-BOB Kemenparekraf wujudkan jaringan inkubator

id MCEBI Muhammadiyah, mahasiswa enterpreneur,Badan Otorita Borobudur,kemenparekraf,desa wisata borobudur

MCEBI-BOB Kemenparekraf wujudkan jaringan inkubator

Ketua Muhammadiyah Center for Enterpreneurship and Business Incubator (MCEBI) DR. Endang Rudiatin (kiri) membahas kerjasama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) yang dipimpin DR Bisma Jatmika, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan, Kemenpatrekraf) (kanan) di Jakarta, baru-baru ini. ANTARA/HO-MCEBI

Jakarta (ANTARA) -
Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator (MCEBI) memperluas kerja sama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mewujudkan jaringan inkubator wirausaha yang visioner, kreatif-produktif, dan menerapkan prinsip ekonomi Islam.

Tim dari BOB yang dipimpin langsung Bisma Jatmika, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Kemenparekraf  melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) baru-baru ini, kata Ketua MCEBI  Endang Rudiatin di Jakarta, Senin.
 
"Kunjungan tim dari BOB berlangsung pada 22 Mei dan 7 Juli 2024 dan kami membahas berbagai hal untuk jalin kerja sama," kata Endang yang juga dosen UMJ. 
 
MCEBI merupakan lembaga inkubasi bisnis dan kewirausahaan bagi mahasiswa yang didirikan oleh 30 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia pada 2 Februari 2022 dan diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.
 
MCEBI berada di bawah koordinasi Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) PP Muhammadiyah.


 
Dalam pertemuan itu BOB menunjukkan ketertarikan dengan model inkubasi bisnis yang dilaksanakan MCEBI, salah satunya dalam bentuk Studentpreneur Bootcamp yang pernah digelar di area wisata Bukit Menoreh Glamping Kulonprogo, Yogyakarta, pada 26 dan 27 Mei 2023.
 
BOB ingin menerapkan model serupa untuk pelaku ekonomi kreatif di wilayah Borobudur, dengan fokus utama meningkatkan kualitas produk ekonomi kreatif pada 14 desa wisata yang tersebar di lima kabupaten/kota di Jawa Tengah.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: MCEBI perluas kerja sama dengan BOB Kemenparekraf
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024