Dua KRI Armada I selesaikan latihan tugas tempur di Teluk Jakarta

id TNI AL,TNI Angkatan Laut,latihan TNI AL,latihan Glagaspur,Koarmada I,Komando Armada I,KRI Kapitan Pattimura,KRI Sutedi S

Dua KRI Armada I selesaikan latihan tugas tempur di Teluk Jakarta

Dua kapal perang RI dari Komando Armada I TNI Angkatan Laut yaitu KRI Kapitan Pattimura-371 dan KRI Sutedi Senoputra-378 mengikuti rangkaian Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III/L-3 di perairan Teluk Jakarta, Jakarta, pada 26–27 Juni 2024. ANTARA/HO-Dinas Penerangan Komando Armada I TNI AL.

Jakarta (ANTARA) - Dua kapal perang Republik Indonesia dari Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut yaitu KRI Kapitan Pattimura (PTM)-371 dan KRI Sutedi Senoputra (SSA)-378 pada minggu ini merampungkan Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III/L3 di perairan Teluk Jakarta, Jakarta.

Kepala Dinas Penerangan Koarmada I Kolonel Laut (P) Yoni Nova Kusumawan dalam siaran resmi Koarmada I yang dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, menjelaskan latihan itu berlangsung selama dua hari pada 26–27 Juni 2024 dan melibatkan 130 prajurit TNI AL para pengawak kapal perang.

“Latihan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan satuan, sekaligus wahana uji coba untuk mengukur kemampuan KRI dalam lingkup kerja sama taktis,” kata Kadispen Koarmada I dalam siaran resminya.

Para prajurit mengawali latihan dengan apel gelar pasukan di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta, yang dipimpin oleh Komandan KRI Kapitan Pattimura-371 Letkol Laut (P) Yogie Kuswara.

Kemudian, mereka lanjut mengikuti beberapa materi latihan seperti simulasi melewati medan ranjau (MTF), manuver taktis, latihan pertahanan dari serangan udara (ADEX), latihan tunda-menunda kapal saat kapal mati atau mengalami gangguan di tengah laut (TOWEX).

Kemudian, dua kapal itu juga berlatih komunikasi menggunakan isyarat bendera (flaghoist), latihan penembakan senjata, dan latihan menghalau serangan tembakan udara (AAROFEX).


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dua KRI dari Armada I tuntaskan latihan tugas tempur di Teluk Jakarta
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024