PDIP Yogyakarta gelar tumpengan HUT ke-58 Hasto Kristiyanto

id eko

PDIP Yogyakarta gelar tumpengan HUT ke-58 Hasto Kristiyanto

DPC PDI Perjuangan Yogyakarta gelar tumpengan dan doa bersama memperingati HUT ke-58 Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Dr. Hasto Kristiyanto, Minggu (7/7/2024) (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menggelar tumpengan dan doa bersama untuk memperingati hari ulang tahun ke-58 Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Dr. Hasto Kristiyanto.

Potong tumpeng yang dilakukan bersama pengurus DPC PDI Perjuangan, PAC, hingga ranting ini mendoakan juga agar Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri selalu sehat dan selamat.

"Selamat ulang tahun ke 58, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Dr. Hasto Kristiyanto. Angka 5 (lima) menjadi simbol komitmen kuat jalankan Pancasila dan angka 8 (delapan) adalah simbol filosofi hastabrata, kepemimpinan yang kuat melayani dan membahagiakan rakyat," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta, Minggu, 7/7/2024.

Eko Suwanto, menyebutkan model kepemimpinan hastabrata  melambangkan  delapan unsur alam yaitu bumi, matahari, api, samudra, langit, angin, bulan, dan bintang. Tiap unsur Hastabrata mengartikan tiap karakteristik ideal dari seorang pemimpin. 

"Seperti unsur pertama, bumi, pemimpin harus mampu untuk memberi dan kokoh. Memberi tanpa pamrih pada masyarakat yang ia ayomi dan menjadi tempat pertama yang bisa diandalkan," kata Eko Suwanto.

Secara simbolis setelah doa bersama yang dipimpin oleh Haryanto, caleg terpilih PDI Perjuangan Yogyakarta untuk DPRD Kota Yogyakarta potong tumpeng dilakukan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta Eko Suwanto dan diberikan kepada Wisnu Sabdono Putro, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.

Tumpeng yang dibuat oleh  Tugilah Bambang, ibu seorang kader PDI Perjuangan Gondokusuman lalu dibagikan kepada semua yang hadir, termasuk secara simbolis diberikan kepada Umar, yang biasa melayani dan menjaga kantor.

"PDI Perjuangan di bawah kepemimpinan Ibu Mega didampingi Sekjen Dr. Hasto Kristiyanto kita doakan semakin kuat dan terus memimpin perjuangan membawa kesejahteraan rakyat. Selamat ulang tahun Pak Hasto Kristiyanto," kata Wisnu Sabdono Putro.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menambahkan seluruh kader PDI Perjuangan diajak untuk bersama-sama terus bekerja dan kuat dalam bekerja jalankan komitmen perjuangan ideologi seperti yang diajarkan Bung Karno.

"Mari terus rawat api perjuangan, seperti yang dijalankan oleh Pak Hasto Kristiyanto. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan dalam keberanian menegakkan kebenaran, yakinlah pasti akan menang. Satyam Eva Jayate," kata Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan.

DPC PDI Perjuangan Yogyakarta disebutkan siap siaga menjaga marwah kehormatan partai, ketua umum dan sekjen. Kita juga terus menggelorakan perjuangan Bung Karno. Seluruh kader partai jelas akan bergerak untuk bekerja demi kepentingan rakyat.

"Kader PDI Perjuangan jelas berkomitmen bekerja untuk kepentingan rakyat seperti yang dicontohkan, diteladankan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan Hasto Kristiyanto. Banteng Jogja siap digerakkan Ketua Umum Ibu Mega dan bergerak penuh semangat menjaga harkat martabat Partai dan rakyat Indonesia" kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta. (*)