KPU Yogyakarta targetkan proses coklit Pilkada 2024 selesai hari ini

id KPU Yogyakarta,coklit Pemilu 2024

KPU Yogyakarta targetkan proses coklit Pilkada 2024 selesai hari ini

Ilustrasi - Pilkada Serentak 2024. ANTARA/Afif/aa.

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menargetkan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada 2024 di wilayah setempat rampung hari Rabu ini (17/7).

"Kami menargetkan hari ini sudah bisa mencapai 100 persen," kata Kepala Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Yogyakarta Zuhad Najamuddin di Yogyakarta, Rabu.

Dia mengatakan proses Coklit di tiga kecamatan di Kota Yogyakarta sudah mencapai 100 persen, sedangkan untuk 11 kecamatan lainnya rata-rata mencapai 97,5 persen.

Meski batas waktu Coklit masih berlangsung hingga 24 Juli 2024, Zuhad berharap proses tersebut bisa selesai lebih awal sehingga dapat dilakukan evaluasi data secara maksimal.

"Harapannya kami tinggal merapikan data dan memperbaiki, mengoreksi kalau ada beberapa data yang kurang," kata dia.

Zuhad mengakui dalam proses Coklit, beberapa petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) menghadapi sejumlah kendala antara lain warga yang tidak tinggal sesuai identitas kependudukan atau KTP yang dimiliki.

"Alamatnya di Kota Yogyakarta, tapi yang bersangkutan tidak tinggal di Kota Yogyakarta," ucap dia.

Untuk kasus semacam itu, pihaknya meminta Pantarlih segera berkoordinasi dengan pemangku wilayah RT/RW mengenai keberadaan warga terkait.

"Kalau memang tidak bisa menemukan nanti stiker coklit atau tanda bukti coklit akan kami berikan kepada ketua RT atau RW," kata dia.

Dalam melakukan Coklit tersebut, KPU Kota Yogyakarta menerjunkan 1.234 Pantarlih untuk melakukan coklit sejak 24 Juni terhadap 322.305 calon pemilih sesuai data dari Kemendagri yang disinkronisasi dengan DPT Pemilu 2024.

"Ada penambahan sekitar 660 pemilih dari data pemilih Pilpres atau Pileg 2024 lalu," kata dia.