Tiga anggota OPM pimpinan Teranus Enumbi ditembak mati Satgas Yonif

id OPM ,Teranus Enumbi ,Papua ,TNI,Satgas Yonif tembak mati tiga anggota OPM,tembak mati tiga anggota OPM pimpinan Teranus

Tiga anggota OPM pimpinan Teranus Enumbi ditembak mati Satgas Yonif

Satgas Yudha Sakti mengamankan sejumlah barang bukti usai baku tembak dengan OPM Sorong Raya, Papua Barat Daya. ANTARA/Paulus Pulo/aa.

Jakarta (ANTARA) - Satgas Yonif RK 753/AVR berhasil menembak mati tiga anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) kelompok Teranus Enumbi di kawasan kampung Karubate, Distrik Muara, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa (16/7).

Dalam siaran pers resmi yang diterima Rabu, disebutkan bahwa tiga anggota OPM itu tewas setelah sebelumnya melakukan perlawanan ketika hendak ditangkap oleh pasukan TNI.

Kapendam XVII Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan mengatakan, peristiwa baku tembak itu bermula ketika pihaknya menerima laporan terkait masuknya kelompok OPM ke perkampungan Karubate.



Berdasarkan laporan itu, pihak Yonif RK 753/AVR langsung mengejar para anggota OPM tersebut.

Chandra melanjutkan, para anggota OPM tersebut ternyata sedang berada di sebuah warung milik warga yang ada di dalam desa.

"Saat hendak ditangkap, gerombolan OPM ini melakukan perlawanan dengan mengeluarkan tembakan berusaha menembak aparat TNI, sehingga prajurit TNI melumpuhkan dan menembak gerombolan tersebut," kata Chandra dalam siaran pers tersebut.



Ketiga anggota OPM yang tewas dalam baku tembak tersebut, yakni SY (33), YW (41) dan DW (36).

Tidak hanya menewaskan para anggota OPM, petugas juga menyita beberapa barang milik pemberontak itu seperti sebuah bendera berlambang bintang kejora dan beberapa pucuk senjata api rakitan.

Walau berhasil melumpuhkan tiga anggota OPM, kata Chandra, pihak Satgas Yonif RK753/AVR gagal menangkap pimpinan kelompok, yakni Teranus Enumbi lantaran berhasil kabur di tengah baku tembak.



Chandra memastikan pihaknya akan memperketat penjagaan di sekitaran lokasi untuk mengantisipasi adanya serangan balik dari kelompok OPM.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Satgas Yonif tembak mati tiga anggota OPM pimpinan Teranus Enumbi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024