Pemerintah targetkan Tabuik dibanjiri wisatawan

id pesta tabuik,tabuik pariaman,budaya tabuik,hoyak tabuik,target wisatawan

Pemerintah targetkan Tabuik dibanjiri wisatawan

Prosesi tabuik saat diarak untuk dilarung ke laut lepas pada rangkaian Pesta Budaya Hoyak Tabuik, di Pariaman, Sumbar, Minggu (21/7/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar

Kota Pariaman (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menginginkan event Pesona Hoyak Tabuik Piaman yang diselenggarakan Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), ikut berkontribusi menembus target Indonesia mendatangkan 1,5 miliar wisatawan nusantara pada 2024.

"Kemenparekraf sangat mendukung event Pesona Hoyak Tabuik ini dalam rangka untuk mencapai target 1,5 miliar wisatawan nusantara," kata Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Kemenparekraf Oni Yulfian, di Pariaman, Minggu.

Hal tersebut disampaikan Oni Yulfian pada rangkaian puncak Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2024 yang dipusatkan di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumbar.

Sejalan dengan itu, Pesona Hoyak Tabuik Piaman juga diharapkan mampu menjadi magnet untuk mendatangkan 14,3 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia. Selain itu, agenda tersebut juga diharapkan berkontribusi terhadap target 4,4 juta lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada 2024.

"Target wisatawan nusantara, internasional dan lapangan kerja ini hanya dapat diwujudkan melalui kolaborasi, adaptasi dan inovasi yang mengedepankan kualitas dan keberlanjutan," ujar dia.

Terakhir, mantan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar tersebut mengajak masyarakat terutama pelaku usaha dan ekonomi kreatif untuk terus menjaga kearifan lokal serta budaya yang hidup di masyarakat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf dukung Tabuik berkontribusi capai 1,5 miliar wisatawan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024