Kunjungan wisman ke RI optimistis tembus 16,1 juta

id Menparekraf, pariwisata, wisatawan mancanegara,target wisman

Kunjungan wisman ke RI optimistis tembus 16,1 juta

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berswafoto dengan masyarakat, di Jakarta, Kamis (21/3/2024). ANTARA/Muzdaffar Fauzan

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 14,3 juta kunjungan di tahun 2024 melampaui target hingga melebihi angka 16,1 juta kunjungan.

Sandiaga mengatakan angka tersebut merupakan rekor tertinggi kunjungan wisman sebelum masa pandemi COVID-19.

"Walaupun target yang diumumkan 14,3 juta di batas atas, saya mendorong tim saya harusnya sih bisa melampaui angka sebelum pandemi yaitu 16,1 juta. Itu angka tertinggi rekor, dan kalau kita bisa mencapainya di akhir pemerintahan Pak Jokowi," katanya ditemui di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan jumlah itu bisa dicapai karena pada tahun 2023, pihaknya berhasil menggaet 11,7 juta wisatawan asing untuk berlibur ke tanah air.

Terlebih saat ini Indonesia telah melewati fase pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan damai dan lancar. Hal ini, menurutnya, menjadi salah satu alasan peningkatan angka kunjungan wisman ke tanah air cukup baik.

"Alhamdulillah sektor pariwisata memang sudah bangkit dan yang dikhawatirkan akan ada perlambatan itu tidak terjadi, serta ternyata pemilunya berjalan dengan lancar, dan damai. Ini mendapat apresiasi dari luar negeri. Saya baru mengecek tadi data untuk masuk ke Jakarta dan Bali ini meningkat," kata Sandiaga.

Menurutnya, Indonesia memiliki daya jual yang tinggi, sehingga bisa menarik minat masyarakat dunia untuk berkunjung. Subsektor pariwisata unggulan yang dimiliki Indonesia, yakni pariwisata hijau atau green tourism yang menyuguhkan keindahan alam nusantara.

"Kita bersyukur karena kita punya produk-produk wisata yang berkualitas dan memiliki aspek berkelanjutan. Jadi green tourism ini banyak peminatnya, wisata alam, dan wisata budaya," katanya pula.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandiaga optimistis kunjungan wisman melampaui target hingga 16,1 juta
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024