DPP Partai Golkar tugaskan Afnan sebagai bakal calon Walikota Yogyakarta

id DPP Partai Golkar ,Bakal calon Walikota ,Pilkada 2024

DPP Partai Golkar tugaskan Afnan sebagai bakal calon Walikota Yogyakarta

Ketua DPD Partai Golkar DIY Gandung Pardiman menyerahkan surat tugas kepada Afnan Hadikusumo sebagai bakal calon Walikota Yogyakarta untuk Pilkada serentak 2024. (Foto DPD Golkar DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) menyerahkan surat tugas kepada Afnan Hadikusumo, sebagai bakal calon Walikota Yogyakarta untuk berkompetisi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Surat tugas dari DPP Partai Golkar tersebut diserahkan oleh Ketua DPD Partai Golkar DIY Gandung Pardiman mewakili DPP Partai kepada Afnan yang saat ini masih menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DIY tersebut di Yogyakarta, Rabu (24/7).

"Kita tahu rekam jejak Pak Afnan dan keluarga besarnya sebagai pejuang yang selalu memikirkan rakyat. Sehingga sejak jauh hari sebelum Pilkada, Golkar DIY telah mengusulkan ke DPP untuk menjadi calon Walikota Yogyakarta. Usulan diterima, dan surat tugas dari DPP telah dikirim dan kami serahkan," kata Gandung.

Dengan turunnya surat tugas DPP Partai Golkar kepada Afnan Hadikusumo sebagai calon Walikota Yogyakarta, maka DPD Golkar DIY dan Yogyakarta akan melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kita akan berjuang bersama, agar Pak Afnan bisa menjadi Walikota Yogyakarta untuk melanjutkan pembangunan di Kota Yogyakarta yang sudah dirintis Pak Herry Zudianto dulu untuk mensejahterakan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Afnan Hadikusumo mengatakan, surat tugas tersebut menunjukkan keseriusan Partai Golkar untuk menugaskan dirinya yang sebagai salah satu kader Muhammadiyah untuk mengemban tugas, maju sebagai calon walikota Yogyakarta.

"Kami mendapat tugas untuk mengemban misi Partai Golkar yakni mensejahterakan masyarakat Yogyakarta dengan tidak melupakan tradisi-tradisi jawa yang basisnya memang sudah lama ada di Yogyakarta," kata Afnan.

Menurut dia, visi dan misi Partai Golkar untuk membangun Yogyakarta telah disampaikan kepada dirinya untuk nantinya diwujudkan ketika terpilih menjadi Walikota Yogyakarta.

"Ada banyak hal dari program pemerintahan bapak Herry Zudianto yang bisa kita pertahankan, kemudian program pemerintahan sekarang yang baik kita teruskan dan yang kurang baik diperbaiki," katanya.

Menurut dia, posisi walikota adalah pelayan, fungsi walikota mengkonsolidasikan dan mengkoordinasikan antara kepentingan masyarakat dengan program pemerintah daerah.

"Jadi pemerintah daerah tidak bisa memaksakan program pemerintah kepada masyarakat, tetapi tetap melihat kepentingan masyarakat. Jadi tugas kepala pelayan pemerintah itu mengkonsolidasikan dan mengelaborasikan kepentingan tersebut," katanya.

Oleh karena itu, setelah menerima surat tugas dari DPP Partai Golkar sebagai calon walikota Yogyakarta, maka pihaknya akan semakin giat menggalang kekuatan, melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Yogyakarta.

"Kita akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan partai lain yang memiliki visi misi sama membangun Kota Yogyakarta," katanya.