Wapres RI harapkan ada regenerasi industri gerabah Kasongan Bantul, DIY

id Wapres ,Industri kreatif gerabah ,Kerajinan gerabah ,MuseumKu Gerabah

Wapres RI harapkan ada regenerasi industri gerabah Kasongan Bantul, DIY

Wapres Ma'ruf Amin saat meninjau kegiatan produksi gerabah di MuseumKu Gerabah Timbul Raharjo Kasongan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Rabu (7/8/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemda DIY)

Bantul (ANTARA) - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mengharapkan ada regenerasi atau generasi muda yang meneruskan industri kreatif gerabah di Kasongan, Kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


"Jadi beliau (Wapres) tadi di dalam memberikan harapan harus ada regenerasi. Generasi muda Bantul ini harus ada yang melanjutkan industri kreatif ini," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai mendampingi Wapres dalam kunjungannya ke MuseumKu Gerabah Kasongan Bantul, Rabu.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bantul kemudian menyampaikan kepada Wapres Ma'ruf Amin, bahwa di Kabupaten Bantul sudah ada lembaga pendidikan yang juga fokus dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) pelaku ekonomi kreatif.

"Nah tadi kami sampaikan kepada Pak Wapres, bahwa di Bantul ada banyak sekolah vokasi craft, SMK (sekolah menengah kejuruan) yang yang mengajarkan jurusan craft itu kita punya," katanya.

Bahkan, kata Bupati, di wilayah Kabupaten Bantul juga mempunyai perguruan tinggi seni Indonesia, yang setiap tahun melahirkan seniman kriya dengan berbagai ciri khas masing-masing.

"Kemudian ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta juga punya jurusan craft, sehingga Insya Allah Pak Wapres, dari sisi generasi ini bisa kita lestarikan. Oh ya ya Alhamdulillah Insya Allah craft di Bantul itu akan terus lestari," kata Bupati menirukan suara Wapres.

Lebih lanjut Bupati Bantul mengatakan, Wapres juga menyebut bahwa sentra gerabah Kasongan ini menjadi salah satu industri kreatif yang luar biasa, yang jarang ditemukan di Indonesia.

"Di mana satu kampung, satu desa ini semuanya bekerja di sektor yang sama, artinya ekosistemnya itu sudah jadi, ekosistem craft gerabah Kasongan itu sudah jadi, dan terbukti mampu bertahan puluhan tahun, bahkan mungkin ratusan tahun," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres harapkan ada regenerasi industri gerabah Kasongan Bantul