Yogyakarta jadi destinasi wisata paling terjangkau di Indonesia

id destinasi wisata,yogyakarta

Yogyakarta jadi destinasi wisata paling terjangkau di Indonesia

Tugu Yogyakarta (ANTARA/HO-Agoda)

Yogyakarta (ANTARA) - Platform perjalanan digital Agoda merilis daftar terbaru destinasi paling terjangkau bagi para wisatawan. Wisatawan yang mengincar penawaran terbaik di Asia untuk bulan Agustus dan September dapat mengunjungi Hat Yai, Thailand. Sementara di Indonesia, Yogyakarta menawarkan tarif kamar paling kompetitif sepanjang periode tersebut.

Bagi Anda yang ingin berlibur atau mengambil cuti pada Agustus dan September, Agoda merangkum beberapa destinasi wisata terpopuler di Asia untuk menikmati penawaran menarik dari Agoda. Di Indonesia, Yogyakarta menjadi destinasi wisata dengan harga paling terjangkau, dengan tarif kamar rata-rata Rp603 ribu berdasarkan data pemesanan antara tanggal 15 Juni hingga 7 Juli 2024. Yogyakarta menggeser posisi Surabaya, yang menjadi destinasi dengan harga termurah yang dirilis pada April lalu.

Destinasi dengan rata-rata tarif akomodasi paling terjangkau untuk periode 15 Agustus hingga 30 September di sembilan market di Asia adalah Hat Yai di Thailand, Yogyakarta di Indonesia, Kuching di Malaysia, Siargao Island di Filipina, Dalat di Vietnam, Narita di Jepang, Goa di India, Taichung di Taiwan, dan Busan di Korea Selatan.

Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda di Indonesia mengatakan, saat para wisatawan berusaha untuk recharge sebelum menghadapi bulan-bulan terakhir tahun ini, peringkat terbaru kami mengenai destinasi-destinasi dengan harga paling terjangkau di seluruh Asia disusun untuk membantu mereka mengambil keputusan yang tepat dan menikmati pengalaman tak terlupakan tanpa harus menguras kantong.

"Baik untuk liburan singkat panjang, destinasi dengan harga terjangkau ini menawarkan berbagai pengalaman unik yang dapat dinikmati oleh semua tipe wisatawan. Di Agoda, kami berharap daftar ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk menemukan tempat-tempat baru dan melihat lebih banyak hal di dunia dengan biaya yang lebih murah," katanya.

Meskipun memiliki tarif kamar rata-rata termurah, destinasi-destinasi ini menawarkan banyak pengalaman, benar-benar membantu para wisatawan untuk dapat melihat dunia dengan biaya yang lebih murah. Dari kota Busan dan Taichung yang semarak hingga pantai-pantai yang menenangkan di Siargao Island, berikut ini adalah beberapa hal yang menarik dari sembilan destinasi termurah di negara-negara yang telah dikaji:

1. Hat Yai, Thailand (Tarif kamar rata-rata Rp570 ribu)
Hat Yai di Thailand Selatan adalah kota yang ramai dan menarik untuk dijelajahi. Hat Yai Municipal Park menyuguhkan pemandangan yang indah dan jalan setapak yang tenang. Wisatawan yang ingin memanjakan lidahnya akan menikmati perjalanan ke Pasar Kim Yong dan merasakan cita rasa lokal serta temuan-temuan unik.
Hat Yai mudah diakses berkat bandara yang terhubung dengan baik. Wisatawan internasional juga akan menyukai lokasinya yang dekat dengan perbatasan Malaysia, menjadikannya pintu gerbang yang nyaman untuk petualangan lintas negara.

2. Yogyakarta, Indonesia (Tarif kamar rata-rata Rp600 ribu)
Yogyakarta adalah pusat budaya di Indonesia yang menawarkan perpaduan sejarah dan modernitas yang kaya. Candi Borobudur dan Prambanan, Keraton Yogyakarta, dan Jalan Malioboro yang semarak adalah beberapa tempat yang wajib dikunjungi di kota ini. Pengunjung dapat membeli kerajinan tangan dan jajanan kaki lima sambil menjelajahi
kota yang dinamis ini. Kota ini juga merupakan tempat yang nyaman untuk menjelajahi situs-situs budaya Jawa.

3. Kuching, Malaysia (Tarif kamar rata-rata Rp850 ribu)
Kuching, ibu kota Negara Bagian Sarawak, dikenal dengan keunikan dan keindahan alamnya yang menakjubkan. Jelajahi Benteng Margherita yang bersejarah, yang memberikan gambaran tentang masa lalu kolonial di wilayah ini dan menawarkan pemandangan Sungai Sarawak yang menakjubkan. Kota ini juga merupakan rumah bagi Museum Kucing, sebuah objek wisata unik yang didedikasikan untuk semua hal yang berhubungan dengan kucing, sesuai dengan nama Kuching, yang berarti "kucing" dalam bahasa Melayu.
Pecinta petualangan akan menyukai Semenggoh Wildlife Centre yang terletak tak jauh dari sini, tempat mereka bisa mengamati orangutan di habitat aslinya, menjadikannya destinasi sempurna untuk pengalaman budaya dan margasatwa.

4. Siargao Island, Filipina (Tarif kamar rata-rata Rp900 ribu)
Dinobatkan sebagai pulau terbaik ke-10 di Asia oleh Conde Nast Traveler dalam 2023 Readers' Choice Awards, Siargao Island menawarkan pantai-pantai yang masih asri, air
yang jernih, dan suasana yang menenangkan. Pulau ini juga merupakan destinasi terkenal untuk berselancar, dengan Cloud 9 sebagai tempat yang wajib dikunjungi oleh
para peselancar.
Bagi yang bukan peselancar, dapat menikmati air yang tenang dan angin sepoi-sepoi di Magpupungko Rock Pools dan Sugba Lagoon. Pecinta pantai akan merasa Siargao adalah tempat liburan yang sempurna untuk relaksasi dan petualangan.

5. Dalat, Vietnam (Tarif kamar rata-rata Rp900 ribu)
Iklim yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat Dalat menjadi destinasi populer di Vietnam. Pengunjung dapat menjelajahi Valley of Love, Dalat Flower Gardens, dan Dalat Railway Station yang bersejarah. Para pemburu petualangan juga akan menyukai lokasi yang dekat dengan Lang Biang Mountain, cocok untuk mereka yang menyukai hiking dan aktivitas luar ruangan.

6. Narita, Jepang (Tarif kamar rata-rata Rp915 ribu)
Narita, yang sering disebut karena bandara internasionalnya, menawarkan lebih banyak hal di luar perannya sebagai travel hub. Tempat ini merupakan destinasi yang kaya akan pengalaman budaya dan kuliner. Narita juga dikenal karena Naritasan Park yang indah, sebuah oasis yang tenang dilengkapi dengan kolam, pagoda, dan jalan setapak yang menawarkan tempat peristirahatan yang damai dari hiruk-pikuknya kota.
Pecinta kuliner akan menyukai hidangan lokal, unagi (belut), yang dapat dinikmati di berbagai restoran tradisional di sepanjang Naritasan Omotesando Road.

7. Goa, India (Tarif kamar rata-rata Rp1,037 juta)
Sebuah destinasi yang terkenal dengan pantai dan kehidupan malamnya yang semarak, Goa menyuguhkan perpaduan unik antara budaya India dan Portugis. Surga berukuran
mungil ini diperkaya dengan matahari, laut, pasir, makanan laut, dan gaya hidup santai yang dikenal sebagai susegad.
Objek wisata utama termasuk Baga Beach, Basilika Bom Jesus, dan Dudhsagar Falls. Wisatawan dapat membenamkan diri dalam warisan spiritual dan budaya wilayah ini sambil menikmati keindahan alamnya, menjadikannya sebagai destinasi yang sempurna untuk relaksasi dan perayaan.

8. Taichung, Taiwan (Tarif kamar rata-rata Rp1,510 juta)
Taichung, sebuah kota di Taiwan tengah, menawarkan perpaduan atraksi budaya dan alam. Wisatawan dapat menikmati perpaduan pameran pendidikan di National Museum of Natural Science dan seni jalanan yang semarak di Rainbow Village. Untuk berbelanja dan merasakan cita rasa Taiwan, wisatawan akan menyukai Fengjia Night Market.
Selain itu, ada pula alam yang memukau, karena Taichung juga merupakan tempat yang sempurna untuk melakukan perjalanan ke Sun Moon Lake yang memukau.

9. Busan, Korea Selatan (Tarif kamar rata-rata Rp1,780 juta)
Kota pelabuhan Busan yang ramai ini terkenal dengan pantai, gunung, dan kuil-kuilnya. Selain tempat-tempat populer yang wajib dikunjungi seperti Haeundae Beach, Gamcheon Culture Village, dan Kuil Beomeosa, kota ini masih memiliki banyak hal yang bisa dinikmati. Untuk pengalaman berbelanja yang unik, kunjungi Gukje Market, salah satu pasar tradisional terbesar di Korea, yang menawarkan segala sesuatu mulai dari makanan lokal hingga barang antik.
Busan juga memiliki Oryukdo Skywalk yang indah, jalan setapak beralas kaca yang membentang di atas lautan, memberikan pemandangan garis pantai yang menakjubkan. Igidae Coastal Walk, jalan setapak yang menyuguhkan pemandangan laut yang menakjubkan dan tebing-tebing terjal yang merupakan impian para pecinta alam.

Selain lebih dari 4,5 juta properti liburan, platform Agoda juga menawarkan lebih dari 130.000 rute penerbangan dan lebih dari 300.000 aktivitas, yang semuanya dapat digabungkan dalam satu pemesanan.