IRPS mempercantik lokomotif uap legendaris CC5001 di TMII Jakarta gaet wisatawan

id IRPS, beautifikasi lokomotif uap, Museum Transportasi, TMII,Museum Transportasi ,KAI

IRPS mempercantik lokomotif uap legendaris CC5001 di TMII Jakarta gaet wisatawan

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal saat Peresmian Preservasi Lokomotif Uap CC5001 di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024). ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta (ANTARA) -
Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) berhasil melakukan beautifikasi atau mempercantik tampilan lokomotif uap legendaris CC5001 yang kini tersimpan di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.
 
Ketua Umum IRPS Ricki Dwi Agusti di sela-sela Peresmian Preservasi Lokomotif Uap itu pada Sabtu, mengatakan, pekerjaan beautifikasi pada lokomotif uap ini berlangsung selama 21 hari.

Pihaknya menghabiskan biaya sebesar Rp70 juta yang berasal dari sumbangan berbagai pihak, seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).
 
"Program beautifikasi lokomotif uap CC5001 adalah bentuk dari rasa syukur kami karena IRPS sudah berusia 22 tahun, sekaligus merupakan bentuk implementasi dari visi dan misi komunitas dalam upaya pelestarian sejarah perkeretaapian Indonesia," kata Ricki.
 
Karena itu, IRPS yang merupakan sebuah komunitas pecinta kereta api serta peduli terhadap sejarah perkeretaapian Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 2002 perlu melestarikan perkembangan kereta api dari zaman dahulu hingga saat ini.


 
Ketua Umum Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) Ricki Dwi Agusti saat memberikan keterangan pers usai Peresmian Preservasi Lokomotif Uap CC5001 di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024). ANTARA/Syaiful Hakim
Lokomotif CC5001 merupakan salah satu dari tiga unit lokomotif uap artikulasi
"Mallet" besar milik Indonesia yang masih tersisa.
l
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IRPS percantik lokomotif uap legendaris CC5001 di TMII
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024