Pemerintah integrasikan Sekolah Siaga Kependudukan dalam Kurikulum Merdeka di Indonesia

id Bkkbn,Kemendikbudristek ,Sekolah Siaga Kependudukan

Pemerintah integrasikan Sekolah Siaga Kependudukan dalam Kurikulum Merdeka di Indonesia

Kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting di Sekolah Siaga Kependudukan (SMA Negeri 1 Mamuju dan SMP Negeri 2 Mamuju, Sulawesi Barat) untuk sosialisasi tablet tambah darah sebagai salah satu upaya mencegah stunting sejak remaja pada Rabu (25/10/2023). (ANTARA/HO-BKKBN)

Jakarta (ANTARA) -
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mengintegrasikan program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dalam Kurikulum Merdeka guna mempersiapkan partisipasi peserta didik dalam mengatasi permasalahan kependudukan pada masa mendatang.
 
Ketua Tim Pendidikan Kependudukan Jalur Formal BKKBN Budyawati mengatakan Sekolah Siaga Kependudukan mengintegrasikan materi pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) ke dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sehingga peserta didik memiliki pengetahuan, pemahaman kesadaran terhadap kondisi kependudukan di Indonesia maupun secara global.
 
“Jadi satuan pendidikan perlu memahami bahwa SSK bukan merupakan suatu mata pelajaran baru sehingga tidak perlu menambah jam pelajaran. Kurikulum Merdeka menetapkan empat pendekatan pembelajaran yang salah satunya mengusung konsep integrasi jadi jelas merupakan peluang bagi SSK untuk diintegrasikan dalam mata pelajaran,” katanya dalam webinar bertajuk "Sinergitas Program Sekolah Siaga Kependudukan dan Gerakan Sekolah Sehat" di Jakarta, Selasa.
 
Ia menjelaskan satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan mata pelajaran, tematik, secara integrasi maupun blok waktu untuk menyelaraskan materi Bangga Kencana ke dalam Kurikulum Merdeka.
 
Sebagai contoh, ia menyebutkan, dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat memasukkan salah satu tujuan pembelajaran ialah agar peserta didik mampu membaca intensif satu teks bertemakan bonus demografi sehingga dapat menemukan ide pokok dan permasalahan utama yang dibahas dalam teks tersebut.
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BKKBN integrasikan Sekolah Siaga Kependudukan dalam Kurikulum Merdeka
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024