Imam Besar Istiqlal ungkap Kunjungan Paus bukti Indonesia rawat kebinekaan di RI

id NASARUDDIN UMAR, IMAM BESAR MASJID ISTIQLAL, PAUS FRANSISKUS

Imam Besar Istiqlal ungkap Kunjungan Paus bukti Indonesia rawat kebinekaan di RI

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar saat menyampaikan keterangan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9/2024). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Jakarta (ANTARA) - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan kunjungan pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus membuktikan bahwa Indonesia merawat kebhinnekaan dengan baik.

"Tentu kita berterima kasih, Paus mau mengunjungi negeri kami yang tercinta ini dan itu juga sekaligus membuktikan bahwa negara kita ini adalah negara yang betul-betul Bhinneka Tunggal Ika. Memang kita berbeda, tetapi tetap prinsip yang sama sebagai sesama NKRI," ujar Nasaruddin Umar di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Menurut Nasaruddin Umar, masyarakat Indonesia memang pada dasarnya memiliki karakter, yakni menghargai dan mencintai tamu yang berkunjung.

"Apalagi dalam Islam itu kita kenal, ajarannya itu doktrinnya sangat menghargai tamu. 'Hargailah tamunya sekalipun non- Muslim'," kata dia.



Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW juga memiliki kebiasaan berdialog dengan tokoh lintas agama lainnya.

Hal tersebut juga berhubungan dengan rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral Jakarta pada Kamis (5/9).

"Nah, ini juga kan Nabi (Muhammad SAW) salah satu kebiasaannya itu adalah melakukan dialog dengan lintas agama. Apa yang kita lakukan besok di Istiqlal itu sebetulnya tidak lain adalah melanjutkan tradisi yang pernah dirintis oleh Rasulullah SAW. Jadi, Insya Allah tidak ada masalah dan kita akan menganggap bahwa ini adalah peristiwa yang sangat bersejarah," ucap Nasaruddin Umar.

Dalam kesempatan sebelumnya, Nasaruddin Umar menyebutkan bahwa Paus Fransiskus sangat tertarik untuk mengunjungi serta meninjau langsung terowongan sepanjang 38,3 meter dengan tinggi 3 meter dan lebar 4,1 meter yang menghubungkan Gereja Katedral dengan Masjid Istiqlal Jakarta.



"Beliau sangat terkesan dan ingin pergi mengunjungi masuk ke dalamnya," kata Nasaruddin Umar.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Imam Besar Istiqlal: Kunjungan Paus bukti Indonesia rawat kebhinnekaan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024