Pjs Bupati Sleman mengukuhkan pengurus Juru Sembelih Halal

id Juleha Sleman ,Juru Sembelih Halal ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Pjs Bupati Sleman mengukuhkan pengurus Juru Sembelih Halal

Pjs Bupati Sleman Kusno Wibowo saat mengukuhkan pengurus Juleha Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Minggu (6/10/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman (Juleha Sleman)

Sleman (ANTARA) - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kuso  Wibowo mengukuhkan pengurus Juru Sembelih Halal (Juleha) Kabupaten Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Minggu.

Pada kesempatan itu juga diserahkan Kartu Tanda Anggota Kehormatan yang diberikan oleh Ketua Juleha Sleman,Tri Hartanto Saputro kepada Kusno Wibowo.

Dengan pelantikan ini, Kusno berharap pengurus Juleha Sleman dapat semakin bersemangat dan memperkuat komitmen dalam memastikan kehalalan daging.

Selain itu, Ia mengimbau agar pengurus Juleha Sleman dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan teknik sembelih yang tepat dan halal.

"Kami harap pengukuhan ini tidak hanya menjadi media silaturahmi saja, namun pegiat Juru Sembelih Halal Sleman juga dapat secara efektif memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemahaman teknik sembelih yang tepat untuk memastikan kualitas produk pangan halal," katanya.

Kusno juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penyerahan kartu tanda anggota yang diterimanya dan berharap kemampuan serta pengetahuan para juru sembelih halal di Sleman dapat terus meningkat.

Ketua Juleha Sleman,Tri Hartanto Saputro mengatakan terdapat 22 pengurus yang dikukuhkan pada hari ini.

"Pengurus dan anggota Juleha memiliki tanggung jawab untuk memastikan kehalalan daging," katanya.

Ia berharap, pengurus yang telah dikukuhkan dapat melaksanakan tugas secara profesional dan penuh tanggung jawab.

"Pengukuhan dan penyerahan kartu tanda anggota secara simbolis bukan sekadar tanda, tapi juga sebagai bentuk pengakuan atas kompetensi dan tanggung jawab oleh setiap juru sembelih. Kami harap rekan-rekan semakin termotivasi untuk menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas," katanya.

Menurut dia, sebagai bentuk pengembangan kemampuan pengurus dan masyarakat, Juleha Sleman telah melaksanakan pelatihan penyembelihan di berbagai masjid dan instansi perkantoran yang ada di Sleman. Kegiatan tersebut dilakukan agar memenuhi standar halal yang tinggi dan menambah pengetahuan masyarakat terkait teknis penyembelihan.

"Kami harap pelatihan seperti ini dapat mendatangkan peserta yang lebih luas serta dapat dilaksanakan secara terus menerus," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2024