Mensesneg memastikan kehadiran Jokowi pada pelantikan Prabowo-Gibran

id Presiden Jokowi, Pratikno, pelantikan Prabowo-Gibran, pelantikan presiden, Menteri Sekretaris Negara

Mensesneg memastikan kehadiran Jokowi pada pelantikan Prabowo-Gibran

Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat menyampaikan keterangan di ruang kerja wartawan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan Presiden Joko Widodo akan menghadiri agenda pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024–2029 di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, pada 20 Oktober 2024.

"Insyaallah datang, jadi Pak Presiden memang sejak awal dan mengatakan akan datang di pelantikan, so pastilah, so pasti, Pak Presiden hadir di pelantikan nanti 20 Oktober," kata Mensesneg Pratikno di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Pratikno mengatakan kehadiran Presiden Jokowi dalam acara pelantikan presiden-wapres terpilih tidak bersifat wajib secara protokoler.

"Kalau aturan sih nggak ada, tetapi selama ini presiden memang hadir,” ujarnya.

Pratikno mengingat kembali momen pelantikan pada tahun 2014, saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono hadir, diikuti Presiden terpilih Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla.

Ia mengatakan bahwa tradisi kehadiran presiden dan wakil presiden sebelumnya menjadi bagian penting dalam acara tersebut.

Usai menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden, Jokowi akan bertolak lebih dulu menuju Istana Merdeka, Jakarta, untuk menghadiri rangkaian kegiatan, berupa pisah sambut.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mensesneg pastikan kehadiran Jokowi pada pelantikan Prabowo-Gibran