Dunia internasional 'intip' keberhasilan KB Indonesia

id dunia internasional intip

Dunia internasional 'intip' keberhasilan KB Indonesia

Menko Kesra Agung Laksono (foto antaranews.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan dunia internasional tengah "mengintip" rahasia kesuksesan program KB di Tanah Air dengan menjadikan Indonesia salah satu narasumber dalam "Family Planning Summit" di London, Inggris.

Menko Kesra Agung Laksono menyatakan hal tersebut melalui siaran pers dari Inggris yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Agung menjelaskan, delegasi Indonesia menjadi salah satu pemateri dalam acara tersebut karena pelaksanaan program KB Indonesia dinilai berhasil oleh dunia internasional.

 Menurut Agung, rahasia kesuksesan program KB di Indonesia adalah karena pendekatan gotong royong yakni melibatkan banyak pihak dalam pelaksanaannya seperti tokoh lintas agama, organisasi masyarakat hingga media massa.

Sosialisasi program KB juga gencar dilakukan pemerintah Indonesia kepada masyarakat bahkan hingga ke tingkat terkecil dan hingga ke area tertinggal, terpencil dan perbatasan.

Sementara itu, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sugiri Syarief pada kegiatan internasional tersebut juga ikut menyosialisasikan tentang strategi yang dikembangkan Pemerintah Indonesia untuk memajukan program KB dalam era desentralisasi.

 "Program KB di era desentralisasi merupakan tantangan tersendiri namun pemerintah Indonesia bisa memanfaatkan tantangan tersebut menjadi strategi yang berhasil," katanya.

Sementara itu, Family Planning Summit diikuti oleh berbagai negara dan organisasi.  Dalam acara tersebut hadir empat kepala negara dan 28 menteri termasuk Indonesia.

Delegasi Indonesia menjadi salah satu pemateri dalam acara tersebut karena pelaksanaan program KB Indonesia dinilai berhasil oleh dunia internasional.

Sugiri mengatakan Pemerintah Indonesia berharap kesuksesan program KB di Indonesia bisa menjadi rekomendasi dunia internasional untuk menekan laju pertumbuhan penduduk secara global dimana beberapa waktu lalu telah mencapai angka tujuh miliar.

(T.W004)


    


Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar