Disbudpar Gunung Kidul akan kembangkan Pantai Wediombo

id wedi ombo pantai

Disbudpar Gunung Kidul akan kembangkan Pantai Wediombo

Pantai di Kabupaten Gunung Kidul dipadati pengunjung (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (ANTARA Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun infrastruktur dan akan mengembangkan objek wisata pantai Wediombo untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisataan (Disbupar) Gunung Kidul, Wijang Eka Aswarna di Gunung Kidul, Senin, mengatakan, beberapa infrastruktur yang akan dibangun di Wediombo berupa fasilitas tangga dan tempat parkir pada tahun yang akan datang secara bertahap

"Memang Wediombo belum menjadi prioritas utama perbaikan untuk menunjang kenyamanan para wisatawan. Saat ini, kami baru fokus membuat model pengembangan pantai di Pantai Krakal sebagai model yang nantinya ditiru oleh pantai lain," kata Wijang.

Terkait minimnya infrastruktur seperti listrik dan air bersih, kata Wijang, Disbudpar akan berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan pembangkit tenaga listrik (PLN). Secara bertahap, fasilitas tersebut dapat terealisasi dengan segera.

"Penambahan infrastrutur di objek wisata pantai Wediobo, banyak hal yang kami pertimbangkan. Seperti jumlah pengunjung, dan ketersediaan anggaran serta prospek pengembangan pantai," kata dia.

Dia mengatakan, pantai Wediombo yang terletak di ujung timur obyek wisata pantai di kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini memiliki pesona yang tidak jauh dari keindahan Pantai Kute Pulau Dewata. Dengan jarak kurang lebih 40 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari kota Wonosari menuju kearah tenggara ini menawarkan keelokan semesta alam bagi mereka yang memiliki hobi touring, fotografi,camping atau sekadar untuk memancing ikan.

Di Wediombo terdapat tempat strategis untuk memancing ikan diatas bebatuan besar, selain itu juga terdapat banyak sekali objek yang menarik untuk difoto bagi penggemar fotografi.

Batu-batu besar yang unik berada di tepian pantai menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung yang memiliki hobi fotografi atau sekedar untuk menenangkan pikiran. Hamparan pasir putih yang meluas di tepian pantai sesekali terkikis oleh hempasan ombak dari lautan. Air laut yang membiru jernih karena pantulan dari langit yang cerah menambah pesona indah pantai Wediombo.

Pantai yang membentang kearah selatan cukup menarik untuk mereka yang gemar menikmati matahari tenggelam karena keunikan dari tenggelamnya matahari dipantai ini tepat di tengah lautan sehingga nampak keindahan panorama pantulan berwarna oranye khas matahari pada sore hari yang dihasilkan warna matahari yang memantul dari air laut. Ombak yang tidak terlalu besar sangat cocok untuk sekedar bermain-main air ditepian pantai.

"Kami akan melakukan perbaikan infrastruktur secara bertahap. Karena, keterbasan anggaran yang dimiliki pemerintah Gunung Kidul. Seluruh pantai di Gunung Kidul merupakan berkah tersebunyi yang perlu dijaga dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Gunung Kidul," kata Wijang.

(U.KR-STR)