Masyarakat Pulesari gelar upacara adat Pager Bumi

id masyarakat pulesari gelar

Masyarakat Pulesari gelar upacara adat Pager Bumi

Ilustrasi upacara adat (Foto potlot-adventure.com)

Sleman (ANTARA Jogja) - Upacara adat Pager Bumi "Sedekah Sapar Rebo Wekasan" akan digelar untuk yang kelima kalinya oleh masyarakat Dusun Pulesari, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu 13 Januari 2013.

"Upacara adat ini dan berbagai kegiatan pendukung lainnya diharapkan dapat meningkatkan citra Pulesari sebagai sebuah desa wisata yang relatif baru," kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Wasita, Kamis.

Menurut dia, serangkaian kegiatan pendukung dalam rangka upacara adat Pager Bumi tersebut sudah dilaksanakan sejak Selasa 8 Januari.

"Sedangkan agenda untuk Jumat malam 11 Januari pukul 19.30 adalah pentas kesenian tradisional Dayakan dari Dusun Banjarsari Wonokerto Turi," katanya.

Kemudian Sabtu 12 Januari pukul 15.00 dimeriahkan dengan kesenian tradisional jathilan dari dusun Manggungsari.

Sedangkan puncak acara adat Pager Bumi tersebut dilaksanakan pada Minggu 13 Januari 2013 yang diawali pada pukul 09.00 berupa kesenian tradisional Dayakan dari Dusun Wonosari, dilanjutkan pada pukul 12.30 hingga selesai dengan prosesi puncak upacara adat Pager Bumi.

Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Untoro Budiharjo, mengatakan bahwa upacara adat Pager Bumi di Dusun Pulesari Wonokerto Turi tersebut diharapkan akan dapat menjadi daya tarik tambahan bagi dusun Pulesari yang baru saja dicanangkan sebagai desa wisata.

"Diharapkan pula kedepan desa wisata Pulesari akan dapat bersaing secara positif dengan desa-desa wisata yang lain," katanya.

Menurut dia, kunci keberhasilan sebuah desa wisata terletak pada semangat dan kreativitas SDM pengelolanya.

"Oleh karenanya ini merupakan tantangan dan peluang bagi desa wisata di Sleman untuk saling berkompetisi secara sehat agar menjadi destinasi yang memiliki keunggulan komparatif," katanya.

(V001)