Monsoon-UII luncurkan "SAP e-Academy" harga mahasiswa

id UII

Monsoon-UII luncurkan "SAP e-Academy" harga mahasiswa

Universitas Islam Indonesia (infoakademika.com )

Yogyakarta (Antara Jogja) - PT Monsoon Academy bekerja sama dengan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta meluncurkan program pelatihan "Systems Applications and Products e-Academy" dengan harga mahasiswa atau biaya lebih terjangkau.

"Untuk program pelatihan harga mahasiswa, kami memberikan potongan biaya hingga 50 persen. Jika biaya untuk umum sebesar Rp34 juta per orang, maka untuk mahasiswa hanya sekitar Rp18 juta," kata Managing Director PT Monsoon Academy Abdy Taminsyah di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, potongan harga itu untuk merespons kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang SAP yang saat ini cukup tinggi seiring dengan banyaknya perusahaan di Indonesia yang mengimplementasikan proyek SAP.

"Peluncuran program pelatihan `SAP e-Academy` harga mahasiswa itu menjadi angin segar setelah sebelumnya program yang sama telah diluncurkan di Universitas Islam Indonesia (UII) pada 2011 dengan orientasi publik," katanya.

Ia mengatakan, program "SAP e-Academy" itu akan dipelajari para peserta pelatihan secara komprehensif dalam tiga level meliputi fundamental, proses bisnis, dan konfigurasi.

"Pembelajaran yang lengkap itu akan berakhir dengan ujian sertifikasi dari SAP Global. Sertifikasi akan berlaku internasional dan dikeluarkan oleh SAP Jerman sebagai kantor pusat SAP," katanya.

Menurut dia, Monsoon Academy merupakan mitra pendidikan resmi untuk "SAP e-Academy" di Indonesia yang bekerja sama dengan UII sebagai penyelenggara.

"SAP adalah penyedia perangkat lunak bisnis terkemuka di dunia, yang menawarkan berbagai aplikasi dan layanan yang memungkinkan perusahaan dari berbagai skala pada 25 industri untuk menjadi perusahaan dengan pengoperasian terbaik," katanya.

Direktur Enterprise Resource Planning (ERP) Competence Center UII yang menaungi penyelenggaraan pelatihan SAP, Primanita Setyono mengatakan, UII telah menggunakan SAP dalam pengajaran kurikulum sejak 2006.

Menurut dia, jumlah mahasiswa yang terekspos SAP hingga saat ini mencapai 4.453 mahasiswa untuk seluruh mata kuliah.

"ERP Competence Center UII telah mampu membentuk mahasiswa yang memiliki keahlian SAP yang mumpuni dan mampu berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Direktur UII-Net yang salah satu proyeknya mengurusi pelatihan SAP, Noor Endah Cahyawati mengatakan para konsultan SAP lulusan UII sudah direkrut perusahaan sebelum selesai studi.

"Mayoritas konsultan SAP lulusan UII sudah direkrut perusahaan sebelum selesai studi. Hal itu menunjukkan permintaan yang sangat tinggi terhadap tenaga SAP," katanya.

Dekan Fakultas Ekonomi UII Hadri Kusuma mengatakan, "SAP e-Academy" adalah salah satu program unggulan fakultas setelah sebelumnya juga menyelenggarakan pelatihan SAP untuk memperoleh sertifikat SAP TERP10.

"`SAP e-Academy` lebih khusus dan spesial. Program itu diselenggarakan untuk mengisi kekosongan tenaga SAP, dengan waktu belajar sekitar lima bulan dan waktu fleksibel, peserta bisa memperoleh sertifikat SAP internasional," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024