Sidarto daftar DPD RI diarak kirab budaya

id sidarto kirab daftra

Sidarto daftar DPD RI diarak kirab budaya

Salah seorang kader PDIP Sidarto Danusubroto mendaftar sebagai calon anggota DPD di KPU DIY,Jumat, didampingi langsung oleh Ketua DPP PDIP Idham Samawi (foto Antara/Afa)

Jogja (Antara Jogja) - Kader PDIP Sidarto Danusubroto mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD dengan prosesi kirab budaya dari Jalan Ipda Tut Harsono ke Kantor KPU DIY, Jumat.

Dalam kirab itu Sidarto didampingi oleh Ketua DPP PDIP Bidang Kaderisasi Keanggotaan dan Rekruitmen Idham Samawi yang juga bersama-sama berjalan menuju kantor KPU DIY.

Iring-iringan budaya yang menyertai pendaftaran Sidarto tersebut di antaranya, kesenian kuda lumping, kesenian musik tradisional, bersama sejumlah kader PDIP yang kini duduk di lembaga legislatif, Satgas PDIP, serta pengemudi becak.

Sesampainya di KPU DIY, pendukung Sidarto kemudian melakukan serangkaian prosesi dengan menyerahkan sejumlah barang di antaranya songsong atau payung dan wayang Semar sebagai simbol pengayom dan pamomong.

Selain itu, Sidarto juga menerima korek telinga, dan kacamata dengan tujuan agar tetap bisa mendengarkan keluhan masyarakat umum, serta mampu melihat seluruh permasalahan dengan jelas.

Sidarto yang pernah bertindak sebagai ajudan Presiden Soekarno tersebut juga menerima satu gelas jamu dengan harapan agar tetap sehat selama menjalankan tugas.

"Mudah-mudahan, di usia yang sudah tua ini saya bisa mewakili masyarakat Yogyakarta untuk menjaga keistimewaan DIY, menjaga NKRI, menjaga UUD 1945, dan Pancasila," kata Sidarto.

Saat melakukan pendaftaran, Sidarto membawa berkas suara dukungan dari seluruh kota/kabupaten di DIY. Syarat minimal untuk bisa mengajukan pendaftaran sebagai calon anggota DPD adalah memperoleh 2.000 suara dukungan dari tiga kota/kabupaten di DIY.

Anggota KPU DIY Divisi Hukum dan Pengawasan Miftachul Alfin mengatakan, Sidarto adalah calon anggota DPD kelima yang mendaftar.

Sebelumnya, sudah mendaftar sebagai calon anggota DPD yaitu GKR Hemas, Hafid Asrom, Kholid Mahmud dan Muhammad Hirsam.

"Tidak ada batasan jumlah pendaftar untuk calon anggota DPD dari DIY," kata Alfin seraya menjelaskan bahwa Sabtu (20/4) akan mendaftar calon anggota DPD Afnan Hadikusumo.

Pada Pemilu 2004, tercatat sebanyak 34 calon pendaftar anggota DPD dan turun menjadi 15 calon pendaftar pada Pemilu 2009. Dari DIY akan dipilih empat anggota DPD.

Alfin mengatakan, pendaftaran calon anggota DPD akan ditutup pada Senin (22/4) sama seperti penutupan pendaftaran calon anggota legislatif dari partai politik peserta pemilu.

Sementara itu, partai politik yang telah mendaftarkan calon anggota legislatif baru Partai Keadilan Sejahtera (PKS). "PDIP dan PAN sudah melakukan konfirmasi untuk mendaftar pada Sabtu (20/4). Dimungkinkan juga PPP," kata Alfin.
(E013)
 
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024