DiCaprio akan melelang barang untuk penyelamatan lingkungan

id dicaprio akan melelang

DiCaprio akan melelang barang untuk penyelamatan lingkungan

Leonardo DiCaprio (Foto breitbart.com)

New York (ANTARA/Reuters Jogja) - Aktor Leonardo DiCaprio yang membintangi film baru "The Great Gatsby" bersama yayasannya sedang bekerja sama dengan balai lelang Christie untuk pelelangan pekan depan, dan memanfaatkan keuntungannya bagi kegiatan lingkungan hidup.

Sebanyak 33 benda sumbangan atau karya para artis ternama dunia akan dilelang pada Senin di New York dalam lelang 11 jam untuk mencari dana sebesar 18 juta dolar yang akan digunakan untuk perlindungan alam dan hewan langka di sejumlah tempat di bumi.

"Banyak sekali barang-barang dengan mutu sebagus ini yang belum pernah ada dalam lelang, kita memiliki perkiraan konservatif," kata Loic Gouzer, spesialis dan kepala penjualan Christie dalam suatu wawancara.

"Ini akan menjadi penggalangan dana lingkungan terbesar untuk satu acara saja," katanya.

Lukisan cat minyak di atas kanvas "The Tiger" karya Zeng Fanzhi, karya seni serat gelas dari Bharti Kher berjudul "The Skin Speak a Language Not Its Own" dan karya Mark Grotjahn "Untitled (Standard Lotus no II" juga lukisan Burung Cenderawasih, lukisan wajah dan mulut macan adalah benda-benda yang diperkirakan menjadi sorotan dalam penjualan tersebut.

Setiap karya itu ditaksir dengan harga pra-lelang sekitar 1,5 hingga 2,5 juta dolar AS.

Artis-artis yang karyanya juga akan dilelang antara lain Peter Beard, Banksy, Robert Longo, Richard Prince, Rob Puitt, Ed Ruscha, Julian Schnabel dan Elizabeths Peyton.

DiCaprio menyumbangan "Ocean V" karya Andreas Gursky untuk lelang itu.

"Daftar sumbangan ini seperti 'apa dan siapa' dari jajaran artis sebaya yang penting pada masa kita," kata Brett Govvy, kepala internasional dan seni  kontemporer pasca-perang Christie. "Dampaknya akan dirasakan dari generasi ke generasi."
  
Panelis ahli lingkungan dan Yayasan Leonardo diCaprio akan memutuskan proyek konservasi lingkungan mana yang akan mendapat sumbangan dari hasil penjualan ini.

Gouzer mengatakan DiCaprio dengan yayasannya yang bekerja untuk masalah lingkungan sejak tahun 1998, melakukan pendekatan kepada para seniman dan menjelaskan bahwa harapan mereka untuk menyelenggarakan lelang ini sudah direncanakan selama setahun.

"Kami menjelaskan bahwa kami menginginkan karya-karya besar dan mereka menyambut baik karena alasan pelelangan ini. Para seniman itu sangat peka terhadap ulah kita merusak planet ini," kata Gouzer.

DiCaprio yang tumbuh dan dibesarkan di Los Angeles, sudah menjadi pendukung lingkungan dan pelestarian sumber alam yang gigih.

Aktor ini memproduksi dan mengisi narasi untuk film dokumenter "The 11th hour" tahun 2007 mengenai lingkungan alam.

"Alam sangat berlimpah dan ulet, tetapi kita harus bertindak mulai sekarang untuk melindungi planet ini sebelum terlambat," kata DiCaprio.

"Dengan memberikan dua persen dari kedermawanan ini bagi proyek perlindungan alam, kami bersyukur atas peran serta para seniman dan Christie yang memberikan peluang yang sangat luar biasa ini."

Film "The Great Gatsby" mulai diputar di bioskop-bioskop AS pada Jumat.

(M007)

 

 

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024