Sidarto: Taufiq setia pada ideologi Bung Karno

id sidarto: taufiq setia

Sidarto: Taufiq setia pada ideologi Bung Karno

Ketua MPR Sidarto Danusubroto (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Ketua MPR Sidarto Danusubroto menegaskan bahwa almarhum Taufiq Kiemas semasa hidupnya sebagai sosok yang teguh dan setia dalam mempertahankan ideologi Bung Karno serta gigih membumikan empat pilar kebangsaan.

"Apa yang harus diteladani adalah kesetiannya dan keteladanannya dalam menjaga ideologi Bung karno. Beliau juga dengan gigih membumikan empat pilar kebangsaan," kata Sidarto Danusubroto pada acara mengenang 40 hari wafatnya Taufiq Kiemas di Senayan Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut Sidarto menjelaskan Taufiq Kiemas tiada lelah secara terus menerus membumikan Empat Pilar kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Seharusnya empat pilar kebangsaan itu masuk dalam pendidikan dasar. Saya menilai memasyarakatkan empat pilar akan berhasil jika melalui pendidikan," kata Sidarto.

Empat pilar kebangsaan tersebut yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Empat pilar kebangsaan yang dikampanyekan untuk menumbuhkan kembali kesadaran cinta Tanah Air untuk seluruh rakyat Indonesia.

Sidarto menegaskan, Indonesia adalah bangsa besar dengan beragam perbedaan. Keberagaman itulah, menurut dia, yang kemudian dikenal dengan Bhinneka Tunggal Ika. "Kita bangga apa yang telah dicetuskan para pendiri bangsa dengan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Ia sangat prihatin, karena masih ada yang melakukan hal-hal intoleran. Oleh karena itu, Sidarto meminta setiap tindakan intoleran harus ditindak tegas.

(J004)


 

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024