UNY adakan program eksplorasi Gua Karts Gunungsewu

id gunung sewu

UNY adakan program eksplorasi Gua Karts Gunungsewu

kawasan karst pegununggan sewu Gunung Kidul (cavefauna.wordpress.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan program eksplorasi gua karst Gunungsewu untuk siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Wonosari.

"Eksplorasi dilakukan di dua gua karst Gunungsewu, yakni Gua Sinden dan Gua Toto yang berada di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," kata ketua panitia Isma Dwi Kurniawan di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, tujuan utama kegiatan itu adalah memperkenalkan potensi ilmiah gua karst Gunungsewu kepada siswa agar mereka tertarik dan termotivasi untuk melakukan penelitian di kawasan gua karst tersebut.

"Selama eksplorasi, siswa melakukan pengamatan terhadap beberapa komponen ekosistem gua karst yang terfokus pada biota gua dan struktur batuan gua," kata mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA UNY itu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengajarkan tata-cara memasuki gua horizontal yang benar dengan standar operasional prosedur.

"Kegiatan itu juga diharapkan mampu meningkatkan kepedulian siswa terhadap kelestarian potensi lokal daerah mereka, yang dalam hal ini berupa gua-gua karst," katanya.

Menurut dia, kegiatan itu merupakan salah satu program kerja unggulan dari kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengalaman Lapangan (PPL) SMA Negeri 1 Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, tahun 2013.

Kegiatan itu, kata dia, diikuti oleh 17 siswa SMA Negeri 1 Wonosari yang tergabung dalam organisasi siswa pecinta alam SMA Negeri 1 Wonosari "Pawana" dan 15 orang anggota KKN PPL UNY.

"Dalam eksplorasi itu juga ada beberapa personil dari dua organisasi pecinta alam asal UNY yang turut berkontribusi, yakni Biospeleology Studien Gruppen (BSG) dan Mahameru," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024